Ekonomi & Bisnis

Inovatif, Warga Rembang Produksi Garam Aneka Rasa

Ekonomi & Bisnis

16 September 2022 12:38 WIB

Ketua Koperasi Tani Sari Makmur, Dias Ery Akhmadi memamerkan hasil garam dengan rasa buatan koperasinya. (Foto: Dok. Solotrust.com/mn)

REMBANG, solotrust.com - Sekelompok warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah memproduksi garam yang tergolong cukup unik. Pada umumnya garam hanya memiliki rasa asin saja, namun ditangan sekelompok warga yang tergabung dalam Koperasi Tani Sari Makmur, di Desa Tambakagung, Kecamatan Kaliori membuat garam dengan 3 varian rasa seafood.

Ketua Koperasi Tani Sari Makmur, Dias Ery Akhmadi, menjelaskan, inovasi yang dilakukannya itu bermula saat permintaan garam di koperasinya sedang minim. Berangkat dari kondisi itu, pihaknya kemudian menginovasi produk garam dapur buatan koperasinya itu dengan menambahkan beragam varian rasa.



Produk tersebut kini mampu bertahan dan dapat diterima pasaran.

"Dari penjualan garam rasa ini rata-rata pendapatan per bulan baru Rp2 juta. Kadang juga bisa lebih. Ini (inovasi garam rasa) sudah sejak tahun 2021 lalu dan sampai sekarang. Kalau pemasarannya kami masih melalui online, lewat marketplace,” tuturnya.

Ery menyebutkan ada tiga varian rasa yang sudah diproduksi. Yakni garam rasa udang, rasa cumi, dan rasa teri nasi. Masing-masing produk tersebut per kemasan 150 gram dijual seharga Rp10 ribu.

Untuk proses produksinya, lanjut Ery, mula-mula harus menyiapkan garam yang sudah melewati proses washing plant atau pemurnian garam, dari garam krosok menjadi garam konsumsi.

Baru kemudian, menyiapkan bahan baku untuk tambahan varian rasa seperti udang, teri nasi, dan cumi yang sudah dijemur dan kering lalu disangrai. Sesudah disangrai dan didinginkan lalu dihaluskan menggunakan mesin pelumat

"Kalau bahan-bahan untuk tambahan rasanya itu tadi sudah halus seperti tepung, terus dicampur dengan garamnya. Cara mencampurnya semua bahan dituang di wajan dan disangrai lagi. Kalau sudah, didinginkan baru setelah itu dikemas,” bebernya.

Dirinya mengklaim jika garam dengan varian rasa seafood yang diproduksi menggunakan bahan alami bisa tahan sampai setahun lamanya. Garam tersebut bisa menjadi opsi para ibu rumah tangga yang ingin memasak tanpa perlu ribet menambahkan penyedap rasa lagi. (mn)

(zend)