Hard News

Begini Jika Kapal Perang RI dan Brazil Latihan Bareng

Hard News

21 Maret 2018 21:55 WIB

KRI Usman Harun-359 jenis kapal perang Multi Role Light Frigate (MRLF) melakukan latihan Mail Bag Transfer dengan kapal perang Brazil BRS Independencia di Laut Mediterania (tni.mil.id)

JAKARTA, solotrust.com - KRI Usman Harun-359 jenis kapal perang Multi Role Light Frigate (MRLF) melakukan latihan Mail Bag Transfer dengan kapal perang Brazil BRS Independencia di Laut Mediterania, baru-baru ini.

Mail Bag Transfer dilaksanakan dalam rangka latihan kegiatan Replenishment At Sea (pembekalan di laut) oleh dua kapal atau lebih. Salah satu unsurnya, menurut Komandan Satgas MTF TNI XXVIII-J/ UNIFIL Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, kapal berperan sebagai delivering ship atau kapal pemberi dan unsur lain sebagai receiving ship atau kapal penerima.  



Latihan ini dimaksudkan untuk memberi perbekalan bagi unsur kapal yang membutuhkan dukungan logistik atau bahan cair di laut. Dengan begitu, kapal dapat tetap melaksanakan tugas di laut tanpa harus kembali ke pangkalan.

Dalam latihan kali ini, salah satu personel Angkatan Laut Lebanon (LAF Navy) mengikuti gerakan prajurit KRI Usman Harun-359 yang bertugas sebagai marsheller (juru pemberi signal) kepada BRS Independencia.

Kegiatan personel LAF Navy di KRI Usman Harun-359 sebagai salah satu tugas pokok MTF UNIFIL melatih angkatan laut tersebut agar dapat melaksanakan operasi keamanan maritim di wilayah laut teritorialnya, serta melakukan Maritime Interm Operation (MIO) di perairan Lebanon.

Kolonel Laut (P) Alan Dahlan mengapresiasi kegiatan latihan bersama dengan kapal perang Brazil dan melatih personel LAF Navy dapat terlaksana dengan baik.

“Latihan  ini dapat mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Brazil dan Lebanon,” ujarnya, dilansir dari laman resmi tni.mil.id, Rabu (21/03/2018).

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL dengan kekuatan personel terdiri dari prajurit pengawak KRI Usman Harun-359, perwira intelejen, psikolog, dokter, perwira penerangan, Kopaska dan penyelam.

(and)