Serba serbi

Ivent bersepeda Pemprov Jateng Kembali Digelar, Start Dari Stadion Manahan

Olahraga

6 November 2022 14:15 WIB

Bank Jateng Tour De Borobudur (TDB) XXII 2022 saat start dari Manahan, Solo

SOLO, solotrust.com- Iven tahunan Pemprov Jawa Tengah, Bank Jateng Tour De Borobudur (TDB) XXII 2022 kembali digelar  Sabtu- Minggu (5-6/11/2022), di Stadion Manahan, Solo sebagai titik start.
 
Dalam dua hari pelaksanaan, sekitaran 1.500-an orang peserta dari seluruh Indonesia ditantang untuk melewati rute yang berbeda. 
 
Pada hari pertama diikuti oleh kategori elite dengan rute ekstrem dan panjang hingga 138 kilometer.
 
Sedangkan hari kedua diikuti oleh 1.500 peserta campuran dengan sejauh 104 kilometer.
 
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka turut  melepas para peserta dengan mengibarkan bendera checkered flag di titik start pada hari kedua sekitar pukul 06.00 WIB. 
 
Sementara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjadi cucuk lampah rombongan pesepeda dengan rute Stadion Manahan Solo-Candi Prambanan-Agribisnis Tempel- Candi Borobudur. 
 
Menurut Gibran, TDB 2022 sejalan dengan misi  Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk segera memulihkan perekonomian di Kota Asal Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini dengan cara membentuk sportourism.
 
"Pasca pandemi kami kan lagi genjot sportourisme. Kami lihat tadi hotel pada penuh, soalnya eventnya kan 2 hari. Bagus-bagus," kata dia.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Bank Jateng Tour De Borobudur XXII DH Darmanto mengatakan pihaknya  mendukung program sport dan tourism dari Pemprov Jateng untuk mendorong kebangkitan sektor tersebut dari 2 tahun keterpurukan yg diakibatkan oleh Covid 19, dengan mengusung tema recover together recover stronger.
 
"Caranya memberdayakan anak berkebutuhan khusus, memberikan kemudahan pada atlet untuk mengukir prestasi," lanjut dia.
 
Sebelumnya pada hari pertama, Gubernur Ganjar Pranowo ikut serta melepas dan menyemangati peserta race TDB 2022. Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku tak punya persiapan khusus.
 
“Besok, insyallah lebih enak lebih santai karena pesertanya lebih banyak,” ucap Ganjar di jalur New Selo, Boyolali, Sabtu (5/11) kemarin.
 
Ganjar menyebut bahwa kondisi tubuhnya sedikit berbeda dibandingkan sebelum dirinya mengalami kecelakaan. 
 
“Siap, insyallah. Tapi mungkin tidak (sama kondisinya) seperti sebelum jatuh,” tutup dia.

(Wd)