Hard News

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Diresmikan Jokowi dan Presiden UEA, Doa dan Salat hingga Penanaman Pohon Sala

Jateng & DIY

14 November 2022 11:20 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al-Nahyan melakukan penandatanganan prasasti Masjid Raya Sheikh Zayed Solo pada Senin (14/11/2022). (Foto: Dok. Humas Pemkot Solo)

SOLO, solotrust.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al-Nahyan telah meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo pada Senin (14/11/2022). Masjid ini merupakan hadiah dari pemimpin UEA tersebut untuk Presiden Jokowi.

Rombongan hadir di masjid sekira pukul 07.15 WIB disambut warga sekitar. Setibanya di masjid, mereka disambut jajaran menteri, baik dari Indonesia maupun UEA.



Menteri-menteri Indonesia yang hadir, yakni Menteri Sekretariat Negara Indonesia Pratikno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir. Aktivis Nahdlatul Ulama (NU) Yenny Wahid dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pronowo juga turut menyambut rombongan.

Setibanya di masjid, rombangan salat sunah dua rakaat, dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi dan Presiden MBZ. Usai penandatanganan, robongan dan tamu undangan berdoa bersama, dipimpin KH Abdul Karim yang merupakan salah satu imam besar masjid ini.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden MBZ bersama-sama menanam dua bibit pohon Sala di sebelah utara masjid.

Sekira 30 menit berada di masjid, rombongan bertolak menuju ke kediaman Presiden Jokowi untuk bertamu dan makan bersama. Tak lupa sebelum meninggalkan masjid, Presiden Jokowi sempat menyapa warga sekitar yang ramai menonton peresmian di tepi jalan.

Seusai rombongan pergi, para warga bergegas menuju area masjid untuk melihat keindahan arsitektur masjid dan berswafoto. (riz)

(and_)