Serba serbi

Final Piala Super Spanyol: Barcelona Kuliti Real Madrid 3-1

Olahraga

16 Januari 2023 11:56 WIB

Piala Super Spanyol menobatkan Barcelona sebagai juara usai mengantongi kemenangan 3-1 atas Real Madrid di King Fahd International Stadium, Arab Saudi, Senin (16/01/2023) dini hari WIB. (Foto: Instagram/@culesbarcaid)

SOLO, solotrust.com - Piala Super Spanyol menobatkan Barcelona sebagai juara usai mengantongi kemenangan 3-1 atas Real Madrid di King Fahd International Stadium, Arab Saudi, Senin (16/01/2023) dini hari WIB.

Tiga gol Barcelona masing-masing dibukukan Gavi, Robert Lewandowski, dan Pedri. Sementara Real Madrid hanya mampu membalas satu gol lewat Karim Benzema.



Manajer Xavi Hernandez mengejutkan publik ketika mengubah sistem formasi 4-3-3 yang biasa dimainkan. Ia menambahkan di lini tengah dengan hanya Lewandowski sendiri di depan, sementara bek tengah Ronald Araujo dipasang di belakang untuk memperlambat pemain sayap Real Madrid, Vinicius Jr. 

Line upawal Real Madrid hanya memiliki satu pemain Spanyol, yakni Dani Carvajal. Mereka pun kehilangan Aurelien Tchouameni. Eduardo Camavinga harus menjadi wakil di lini tengah, namun tak siap untuk melakukan pertandingan.

Dalam Piala Super Spanyol kali, Barcelona memberikan kado trofi pertama untuk Xavi sebagai pelatih klub Catalan. 

Dalam pertandingan dini hari tadi, Vinicius besar kemungkinan mengalami kesulitan saat bermain. Gavi melakukan serangan kaki kiri dengan mencetak gol pembuka dan memberikan dua assist untuk Robert Lewandowski serta Pedri.

Barcelona memimpin pada menit ke-33 setelah bek Antonio Rudiger memberikan bola ke Barca. Sergio Busquets memulai langkah dengan meberikan umpan kepada Gavi di dalam kotak penalti untuk mencetak gol dengan serangan kaki kiri yang tepat ke gawang real madrid.

Di perpanjangan menit ke-45 babak pertama, bek Dani Carvajal meninggalkan posisinya yang membuat Gavi berjaga sendirian di sayap kiri. Frenkie de Jong yang melihat rekan setimnya Gavi sendirian kemudian memberikan bola kepada Gavi dan assist kembali ke Lewandowski untuk mencetak gol ke gawang Real Madrid.

Los Blancosyang tidak memiliki tembakan tepat sasaran di babak pertama, menghabiskan sebagian besar babak kedua dalam keadaan panik. Mereka berupaya menghindari kekalahan lebih besar.

Namun, di paruh kedua sekali lagi kesalahan fatal memungkinkan Barcelona mencetak gol. Pengganti Dani Ceballos kehilangan bola di lini tengah dan Gavi berlari ke depan lalu menyeberang ke Pedri untuk menceploskan bola ke gawang Real Madrid.

Menjelang pertandingan bubar, Karim Benzema mencetak gol hiburan Real Madrid di waktu tambahan.

Hasil ini menjadi kemenangan Piala Super ke-14 Barcelona. Blaugrana menjadi tim sepak bola paling sukses di Spanyol dalam sejarah kompetisi.

Kapten Barcelona, Sergio Busquets kepada Movistar Plus mengatakan, timnya berusaha memperkuat lini tengah untuk mengambil alih daerah itu dan Araujo benar-benar menghentikan Vinicius.

"Kami meninggalkan mereka tanpa pilihan dan merasa sangat nyaman. Kami tahu bahwa itu adalah kesempatan yang harus kami peroleh. Kami akan melalui masa perubahan di klub dan di ruang ganti dan juga kemenangan ini akan memperkuat kami untuk terus berjuang lebih banyak mendapatkan gelar juara," ungkapnya.

Sementara itu, pelatih Real Madri Carlo Ancelotti menyebut, skuatnya harus belajar dari momen sulit ini.

"Kami tahu sebelum permainan ini bahwa tim sedang tidak dalam kondisi terbaik. Gim ini telah menunjukkan beberapa masalah atau kesalahan yang perlu kami atasi segera. Kami akan bangkit. Ini pukulan, tapi kami akan mempersiapkan pertandingan berikutnya," kata dia. (lay)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya