Ekonomi & Bisnis

Pasar Buku Sriwedari, Tempat Asyik bagi para Pemburu Bacaan

Ekonomi & Bisnis

01 Maret 2023 14:12 WIB

Suasana di Pasar Buku Sriwedari Jalan Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Kecamatan Laweyan. (Foto: Dok. Istimewa/web Pemkot Surakarta)

SOLO, solotrust.com - Kota Solo bukan hanya kaya budaya dan kuliner, namun juga memiliki daya tarik wisata belanja, seperti mal, pasar ikan, pasar barang bekas hingga menikmati wisata belanja buku bekas.

Nah, jika kamu pengin berburu buku di Kota Solo bisa datang ke Pasar Buku Sriwedari. Di sini kamu akan dimanjakan dengan berbagai jenis buku, baik lawas atau pun baru. Lokasinya yang berada di belakang Taman Sriwedari membuat masyarakat Solo menyebut tempat ini dengan nama Bu Sri alias mBuri Sriwedari (belakang Sriwedari-red).



Di pusat jual beli buku bekas maupun baru di kawasan Jalan Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Kecamatan Laweyan ini ada banyak kios berderet dari Timur ke Barat. Berbagai ragam buku ditawarkan pedagang setempat, mulai dari buku pelajaran sekolah hingga kuliah, komik, novel, majalah, buku agama, buku sejarah, dan masih banyak lagi, baik baru maupun bekas.

Sistem transaksi di Pasar Buku Sriwedari dilakukan dengan tawar-menawar antara pedagang dengan pembeli. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan buku dengan harga super murah. Menarik bukan?

Selain buku-buku terbitan baru, di Pasar Buku Sriwedari kamu juga bisa mendapatkan buku-buku cetakan lawas yang sudah sulit ditemui di toko-toko buku. Buku-Buku di sini dengan harga cukup ramah di kantong.

Jika kamu termasuk jago nawar bisa mendapatkan buku istimewa, kualitas bagus dengan harga miring. Menariknya lagi, tempat ini menjual buku-buku pelajaran terbitan baru dengan harga lebih miring ketimbang di toko.

Pasar Buku Sriwedari merupakan salah satu ikon Kota Solo. Menurut informasi, pasar ini sudah ada sejak 1987 silam. Pasar ini selalu ramai pengunjung, terlebih saat memasuki tahun ajaran baru di mana para siswa sekolah membutuhkan buku-buku pelajaran.

Kini seiring perkembangan zaman, geliat Pasar Buku Sriwedari tak semoncer dulu. Keberadaannya mulai terdesak toko-toko buku modern bermodal besar dan persainganonline book. Saat ini pelanggan yang masih setia rata-rata para pemburu buku bekas layak baca dengan harga relatif miring. 

Nah, jika pengin berburu buku bekas maupun baru di Pasar Buku Sriwedari, kamu bisa datang kapan saja karena pasar di tengah kota ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. (and/lay)

(and_)