Entertainment

Rayakan Anniversary X, Ini 10 Rintangan Dihadapi Member BTS Bareng Army

Musik & Film

13 Juni 2023 19:07 WIB

Boy group asal Korea Selatan BTS (Foto: Instagram/@bts.bighitofficial)

Solotrust.com - BTS resmi menjadi boy group telah berkarier selama sepuluh tahun pada hari ini, 13 Juni 2023. Tak lama lagi BTS akan merayakan anniversary lewat perayaan BTS Festa 2023. Seperti tahun-tahun sebelumnya, boy group naungan BigHit ini telah merilis konten spesial setiap hari selama dua pekan hingga 17 Juni mendatang.

BTS Festa tahun ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk kali pertama, tidak semua member akan terlibat daily content Festa 2023. Seperti kamu tahu, BTS memang sedang dalam masa hiatus sementara, seperti proyek solo hingga menjalani wajib militer (Wamil).



ARMY, sebutan penggemar BTS turut menyambut perayaan anniversary debut sang idola dengan penuh suka cita. Apalagi, perayaan itu menandakan BTS dan ARMY sudah berbagi berbagai kenangan selama bertahun-tahun.

Dilansir dari berbagai sumber, tak hanya kenangan bahagia, ARMY pun telah melalui momen penuh perjuangan dialami sang idol. Para member juga merasakan berbagai rintangan hingga hal sulit selama berkarier. Namun, dukungan ARMY tak pernah berhenti membuat mereka bertahan melalui deretan rintangan berikut ini:

1. Sempat mempertimbangkan untuk bubar

Dilansir Koreaboo, BTS sempat berencana bubar jika lagu "I Need U" tak mendapat apresiasi baik dari publik pada 2015. Untunglah, lagu itu sukses besar dengan berbagai prestasinya hingga membawa BTS pada trofi pertamanya di program musik. Lagu itu pun dianggap menyelamatkan sekaligus menjadi titik balik popularitas BTS.

Selain itu, BTS juga sempat mempertimbangkan untuk bubar pada 2018. Mereka merasakan berbagai hal berat pada saat itu. Tidak hanya itu, menurut SUGA, semua member ragu akan pekerjaan di industri hiburan yang terus menuntut mereka untuk makin sukses. Namun, mereka mengurungkan niat itu dengan melakukan refleksi diri masing-masing.

2. Bersabar di asrama yang kurang memadai

Di program You Quiz on the Block pada 2021, RM mengakui ia sempat sekamar bersama sembilan trainee lainnya di asrama yang disediakan agensi. Bahkan sebelumnya, ada sekira 30 trainee sempat tinggal, namun kemudian gagal untuk bertahan. Pada akhirnya, hanya tersisa member BTS yang bertahan dan menetap bersama di sana.

Menurut RM, para trainee berbagi segalanya saat itu, seperti pakaian dan komputer. Kamar mandi juga sulit digunakan bergantian. SUGA juga mengakui hal itu, mengatakan betapa ia kagum akan fakta sembilan orang dapat bertahan dengan tidur di kamar sama.

3. Rela tinggal jauh dari keluarga karena impiannya

Di program I-LAND pada 2020, BTS mengakui mereka memahami betapa beratnya momen ketika para kontestan harus berpisah jauh dari keluarga sejak usia muda kala menjalani pelatihannya.

Mereka jarang memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan keluarga karena harus tinggal di asrama. Saat itu, mereka hanya bisa punya kesempatan sekitar dua hingga tiga kali dalam setahun. Bahkan, setelah debut pun, mereka masih sulit bertemu keluarga masing-masing karena kesibukannya.

4. Sering diusik sasaeng fans

BTS sudah sering menjadi target sasaeng fans yang mencoba mengusik privasi mereka. Menurut pengakuan V, sasaeng fans sering kali sengaja mengorek informasi tentang tempat duduk mereka di pesawat agar bisa duduk di posisi terdekat dengan mereka.

V mengatakan hal itu membuat ia dan rekan grupnya tak nyaman, bahkan ketakutan. Hal itu pula yang membuat BTS sekarang melakukan penerbangan dengan jet pribadi.

5. Menghadapi berbagai komentar kebencian bertahun-tahun

Dalam konten ARMY Corner Store pada 2021, RM sebagai sang leader mengungkapkan pada 2015 hingga 2017 merupakan masa tersulit bagi BTS dan ARMY. Mereka mengahadapi begitu banyak kebencian dari orang lain. BTS menyadari ARMY menjadi sosok sangat berarti karena selalu mendukung. Oleh karena itu, member BTS pun mengusahakan tampil terbaik untuk membalas kegiatan ARMY.

6. Pernah kesulitan dalam mempersiapkan penampilan

Melalui siaran langsung di V Live pada 2022, BTS menceritakan kesulitannya mempersiapkan penampilan di GRAMMY Awards. Menurut J-Hope, mereka mengalami kendala. Pasalnya, Jungkook dan J-Hope terpapar Covid-19, sedangkan Jin sedang menjalani operasi untuk jarinya dalam mempersiapkannya. Alhasil, hanya empat member yang berlatih bersama sekira sepekan.

7. Sabar dan terus berjuang dengan kondisi finansial yang sulit

Dalam wawancara dengan News 9 pada 2021, BTS menceritakan kesulitannya pada masa awal debut. Kesulitan mereka hadapi adalah saat lebih sering memakan dada ayam karena kondisi finansial terbatas.

Jin menyadari betapa dulu BTS memang sangat membatasi menu makanan mereka karena belum cukup menghasilkan keuntungan dari pekerjaannya. Namun, mereka bersyukur karena sudah bisa memakan apa pun yang diinginkan setelah sukses dengan kariernya.

8. Penampilannya dibatalkan pihak acara tanpa alasan yang jelas

BTS sebetulnya sudah dikonfirmasi dan dijadwalkan hadir di Busan One Asia Festival pada 2016. Namun, mendadak kehadiran mereka dibatalkan pada menit-menit terakhir. Pihak acara bahkan hanya mengumumkan mereka batal tampil melalui V Live tanpa memberi tahu alasannya.

Kendati begitu, BTS tetap tampil di akhir acara demi penggemar yang sudah menunggu untuk menonton penampilannya. Sayangnya, penampilan mereka tidak disiarkan di televisi.

9. Diperlakukan buruk di variety show

ARMY menyadari betapa member BTS sering kali diperlakukan dengan buruk di variety show sebelum terkenal. Salah satu contohnya, saat SUGA mempersembahkan lagu ciptaannya pada kedua pembawa acara di Weekly Idol. Ia bahkan mengaku menciptakannya karena mengidolakan keduanya. Sayangnya, pembawa acara itu menghentikan lagunya di pertengahan dengan alasan lagu itu tidak sesuai dengan selera mereka.

10. Berjuang promosi mandiri dengan mengandakan konser gratis

Melalui program American Hustle Life pada 2014, member BTS berjuang membagikan tiket konser gratis untuk mengundang orang yang lewat agar menyaksikan penampilan mereka di Amerika Serikat. Saat itu, Jin dan J-Hope bertugas mencetak brosurnya. 

Sementara itu, V, Jimin, dan Jungkook bertugas membagikan brosur itu agar orang-orang lewat tertarik untuk hadir di konser mereka. Kendati malu-malu, mereka berhasil berjuang untuk mempromosikannya hingga sukses menjalankan konser Show and Prove. (arum)

(and_)