Hard News

Hari Juang TNI AD, Nava Hotel dan Kodim 0727/Karanganyar Hijaukan Bukit Mongkrang

TNI / Polri

15 Desember 2023 10:10 WIB

Kegiatan Hari Juang ke-78 TNI AD di Bukit Mongkrang, Kamis (14/12/2023)

KARANGANYAR, solotrust.com - Nava Hotel Tawangmangu berkolaborasi dengan Kodim 0727/Karangannyar menggelar kegiatan penanaman seribu bibit pohon di Bukit Mongkrang, Pegunungan Lawu Tawangmangu, Kamis (14/12/2023). Kegiatan penghijauan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-78 TNI AD turut melibatkan para relawan dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Komunitas Anak Gunung Lawu (AGL).

Bukit Mongkrang dipilih sebagai tempat penanaman bibit pohon karena daerah di pegunungan Lawu Selatan ini merupakan paru-paru kawasan Tawangmangu yang juga bagian dari hutan lindung. Pada kegiatan ini, mereka bersama-sama menanam seribuan bibit pohon, seperti damar, trembesi, sengon, alpukat, nangka, dan jambon.



Kegiatan dihadiri Dandim//0727 Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para veteran dan warakawuri, serta anak yatim. Dalam acara  ini diserahkan pula bingkisan sembako bagi yayasan dan santunan kepada anak yatim.

HEM Nava Hotel, Nurastuti, mengatakan pihaknya merasa terhormat dapat bersinergi dengan TNI AD dalam peringatan Hari Juang Kartika ke-78.

"Ini adalah langkah konkret kami dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan. Kami sangat berterima kasih kepada semua relawan yang turut serta dalam kegiatan," kata Nurastuti. 

Kegiatan bersama ini juga bagian dari program corporate social responsibility (CSR) alias tanggung jawab sosial perusahaan Nava Hotel.

"Selain melakukan kegiatan di dalam hotel, kami juga memiliki kegiatan dengan masyarakat sekitar untuk saling bekerja sama, khususnya untuk kegiatan sosial di Tawangmangu ini," ungkap Nurastuti.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, namun juga meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya pelestarian alam. Selain itu, kegiatan serupa diharapkan dapat terus dilakukan sebagai upaya nyata dalam mendukung gerakan penghijauan keberlanjutan.

"Semoga kegiatan penanaman pohon ini menjadi langkah awal yang dapat menginspirasi dan melibatkan lebih banyak pihak untuk berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam," harap Nurastuti.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0727/Karanganyar, Kapten Inf Supardi mengungkapkan dalam hari juang TNI AD ini para personel mendapatkan tugas mulia untuk menanam pohon.

"Bumi kita sedang sakit dan luka, maka kita harus melestarikan kembali dengan menanam seribu bibit pohon jenis tanaman keras terdiri atas pohon trembesi, mahoni, damar, dan sengon," urainya. (joe)

(and_)