Hard News

Ini Dia Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Dipilih Langsung Jokowi

Nasional

14 Juni 2023 11:27 WIB

Logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI 2023. (Dok. setkab.go.id)

JAKARTA, solotrust.com - Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyosialisasikan tema dan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI 2023 secara virtual, Senin (12/06/2023).

Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI merupakan perpaduan angka tujuh berwarna merah solid dan angka delapan terbentuk dari lima garis berwarna merah serta tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.



Menurut Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, logo ini dipilih langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Ini adalah logo yang dipilih oleh Bapak Presiden,” kata dia dalam sosialisasi yang antara lain dihadiri perwakilan kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Kesatuan logo itu mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan serta bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Heru Budi Hartono yang juga merupakan Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI meminta kepada seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk menggencarkan penggunaan logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI di berbagai media dimiliki.

“Pertengahan Juli sudah ada banner, LED, untuk menyemarakkan memasuki Bulan Agustus, bulan Kemerdekaan,” ucapnya.

Di lain pihak, Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), Ritchie Ned Hansel menjelaskan, sejalan dengan tema, konsep visual logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI menggambarkan keberlanjutan pembangunan dengan semangat estafet, terus melaju, tanggung jawab bersama, berlandaskan Pancasila, gotong royong, bergerak maju, serta menuju Indonesia Maju.

“Kami harap nilai-nilai filosofi dan narasi visual yang diangkat di logo HUT ke-78 RI ini bisa membawa semangat untuk seluruh rakyat Indonesia memiliki visi lebih baik ke depannya dan membangun bangsa yang lebih hebat lagi,” kata dia.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Restog Krisna Kusuma, menyampaikan logo HUT ke-78 ini merupakan hasil proses penyaringan dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama ADGI.

Lima logo rancangan desainer anggota ADGI hasil penyaringan kemudian diserahkan kepada Presiden RI Joko Widodo. Logo rancangan Katarina Monika akhirnya dipilih Presiden Jokowi untuk digunakan sebagai logo resmi HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

(and_)