Serba serbi

Ini Dia 3 Rekomendasi Jajanan di Pasar Gede Solo yang Viral dan Wajib Dicoba!

Wisata & Kuliner

22 Juli 2023 10:01 WIB

Dimsum Uma Yum Cha dan Es Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede Solo (Foto: Dok. solotrust.com/Raudlatul Jannah)

SOLO, solotrust.com - Solo merupakan kota kaya budaya serta tradisi warisan leluhur yang tak lekang dimakan zaman. Kota ini juga dikenal dengan berbagai kuliner khasnya lho guys.
 
Ngomongin kuliner, siapa sih yang nggak tahu Pasar Gede, salah satu pasar tertua di Solo. Ikon Kota Bengawan ini berada di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres.
 
Pasar Gede tak hanya menjual aneka sayur, buah, rempah, dan oleh-oleh khas Solo saja, di sini juga menyuguhkan berbagai macam jajanan kuliner favorit para wisatawan. 
 
Pengin tahu jajanan apa saja paling banyak diburu masyarakat setempat atau pun wisatawan? Berikut tiga rekomendasi kuliner Pasar Gede Solo yang bisa kamu coba.
 
1. Dimsum Uma Yum Cha
Dimsum Uma Yum Cha berada di lantai dua gedung pasar sebelah Barat. Dimsum ini merupakan salah satu jajanan tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Pasar Gede Solo. 
 
Salah satu kuliner favorit masyarakat setempat dan juga wisatawan, Dimsum Uma Yum Cha dijajakan dengan harga cukup miring lho guys. Bagaimana tidak, makanan nikmat ini hanya dibanderol dengan harga Rp3000 per biji. Dengan harga super murah, kamu sudah dapat dimsum lezat dan nikmat.
 
Dimsum Uma Yum Cha menyajikan berbagai jenis isian dimsum, seperti udang, lobster, wortel, jamur, kepiting, dan juga daging asap. Bagi kamu yang nggak suka dimsum, di sini juga tersedia menu lain, di antaranya ada bakpao mini isi keju, ubi ungu, dan kacang ijo manis bertekstur lembut. 
 
Ada pula ceker kaki naga bercita rasa pedas. Menu ini tentu saja cocok banget buat kamu yang doyan makanan pedas.
 
2. Es Dawet Telasih Bu Dermi
Nah siang-siang setelah kenyang makan dimsum, kamu juga bisa mampir di lapak Es Dawet Telasih Bu Dermi yang siap menyegarkan tenggorokanmu. 
 
Kendati letaknya di dalam Pasar Gede dan lapak jualannya hanya sepetak saja, tempat ini tak pernah sepi pembeli. Es Dawet Bu Dermi memang terbilang cukup legendaris lantaran sudah ada sejak 1930 silam. Jadi nggak heran bila banyak pengunjung datang ke Pasar Gede cuma ingin menikmati dawet di sini.
 
Es dawet telasih ini isiannya berupa bubur sumsum, bubur ketan hitam, cendol, tape ketan, dan biji telasih. Berbeda dengan minuman dawet atau cendol lainnya, dawet telasih didominasi warna putih, bukan coklat umumnya. Nah, buat kamu yang pengin nyicipin kesegaran es dawet telasih bisa membelinya dengan harga Rp12 ribu per porsi.
 
3. Lenjongan Yu Sum
Oh iya ada satu jajanan tradisional lagi tak boleh terlewatkan yang wajib kalian coba nih guys. Saat main ke Pasar Gede, jangan lupa mampir ke Lenjongan Yu Sum. Lapak ini menyajikan jajanan tradisional khas Solo. 
 
Kamu bisa menemukan Lenjongan Yu Sum tak jauh dari Es Dawet Telasih Bu Dermi. Lenjongan ini berisi tiwul, getuk, sawut, klepon, ketan hitam dan putih, cenil, jadah blondo, wajik, dan jenang. Selain itu ada pula grontol dan brambang asem.
 
Jajanan ini disajikan dengan topping gula jawa dan parutan kelapa. Jika kamu nggak suka, bisa request tanpa menambahkan topping. Harga jajanan ini pun sangat terjangkau, yakni hanya Rp5000. Dengan harga murah meriah ini kamu sudah dapat menikmati jajanan tradisional ini lho guys.
 
Reporter: Raudlatul Jannah/Natasya Assyahra

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya