Serba serbi

Taman Bendung Tirtonadi, Tempat Nongkrongnya Anak Muda Solo

Wisata & Kuliner

26 Juli 2023 08:07 WIB

Bendung Tirtonadi, tempat ikonik di Solo yang ada di Jalan Popda Nomor 9, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari. (Foto: Dok. solotrust.com/Natasya Assyahra)

SOLO, solotrust.com – Bendung Tirtonadi merupakan bendungan yang berbeda dari lainnya, Bendung Tirtonadi adalah salah satu tempat ikonik di Solo yang ada di Jalan Popda Nomor 9, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari.

Bendung Tirtonadi memiliki desain atap jembatan yang Instagramable dengan warna dominan biru estetik loh guys, sehingga terkesan indah.



Lokasinya berada pada pertemuan Kali Gajah Putih dan Kali Pepe, berdekatan dengan Terminal Tirtonadi. Bendungan ini diresmikan pada 2019 silam.

Di samping Bendung Tirtonadi terdapat taman yang dibuka untuk umum pada 29 Desember 2022. Taman ini sangat layak dijadikan tempat nongkrong warga sekitar, terutama anak muda. Berada di tempat strategis menjadikan Taman Bendung Tirtonadi ramai dikunjungi warga sekitar, khususnya anak muda pada sore hari.

Tak hanya dimanjakan dengan keindahan taman dan bendungan saja, di sini kamu dapat menikmati senja nan syahdu dengan aneka kuliner ditawarkan.

Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas publik, seperti tempat parkir luas, musala, toilet, serta papan kawruh tirta sebagai tempat edukasi sungai dan air.

Taman Bendung Tirtonadi cocok buat kamu yang hobi main skateboard karena terdapat lahan cukup luas sebagai skatepark.

Selain itu, ada pula jogging track dan bangku di sekitar taman yang bisa digunakan bersantai atau sekadar nongkrong. Tempatnya asri dan banyak pohon rindang, menjadikan lokasi ini cukup nyaman untuk disinggahi.

Suasananya sejuk pas banget buat nongkrong, apalagi sambil memancing. Ya, pemandangan yang akan sering kamu jumpai ketika nongkrong di Taman Bendung Tirtonadi adalah keberadaan para pemancing. Di setiap sudut tempat ini kamu akan menjumpai para pemancing, ada yang terlihat sekadar mengisi waktu atau memang benar-benar hobi.

Sementara buat kamu yang mau selfi banyak spot bagus dan Instagramable loh. Adapun untuk memanjakan lidah, di sini kamu juga bisa mampir di lapak-lapak kuliner yang menawarkan aneka jajanan, seperti es cokelat cocol yang pernah viral beberapa waktu lalu dan masih eksis hingga kini.

*) Reporter: Natasya Assyahra/Raudlatul Jannah

(and_)