Hard News

Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Berkendara, Jasa Raharja dan Jasa Marga Gencarkan Sosialisasi Safety Riding

Sosial dan Politik

8 Agustus 2023 15:05 WIB

Jasa Raharja bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar edukasi keselamatan berlalu lintas bertajuk Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu (05/08/2023).

BANDUNG, solotrust.com - Jasa Raharja bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk sukses menggelar edukasi keselamatan berlalu lintas bertajuk Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu (05/08/2023).

Kegiatan sebagai salah satu implementasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan ini, dihadiri Menteri BUMN RI Erick Thohir, didampingi Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono, Komisaris Utama Jasa Marga Mohammad Zainal Fatah, dan Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur.



Acara Safety Riding ini berhasil mengajak sekira 2500 orang peserta terdiri atas murid SMA, SMK, dan SLB dari 25 sekolah di Kota Bandung dan Kota Cimahi, serta milenial Jasa Marga dan Jasa Raharja untuk meningkatkan kesadaran berkendara dengan aman dan selamat.

Dalam arahannya, Erick Thohir mengungkapkan, ini adalah langkah strategis dalam upaya sosialisasi keselamatan berlalu lintas, sekaligus menunjukkan sinergi nyata antara BUMN dalam upaya edukasi bagi kaum muda.

"Selama 2022 tercatat jumlah kecelakaan kurang lebih sebanyak 137 ribu kasus, didominasi anak muda. Ini tentu menjadi perhatian kita agar generasi muda Indonesia lebih bijak dalam berkendara. Hal ini penting agar dapat meminimalisasi kecelakaan di jalan raya sehingga mereka bisa terus berkontribusi positif untuk Indonesia," ucap Erick Thohir.

Pihaknya menambahkan, program ini merupakan sarana untuk memperkuat kolaborasi antar-BUMN sehingga dapat memberikan manfaat lebih besar untuk masyarakat Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antarperusahaan BUMN dalam mengimplementasikan tata nilai AKHLAK, yaitu nilai kolaborasi,” tambah Erick Thohir.

Agenda Safety Riding ini merupakan upaya menjaga komitmen bersama antara Jasa Raharja dan Jasa Marga untuk mendukung tercapainya target Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ) 2021-2040, terutama dalam rangka menurunkan indeks kecelakaan dan fatalitas korban.

Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A Purwantono menyampaikan, edukasi keselamatan berlalu lintas bagi gen z penting dilakukan secara berkesinambungan guna mewujudkan budaya keselamatan di jalan raya.

"Tentunya ini merupakan tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Rivan A Purwantono menyampaikan, mayoritas korban kecelakaan lalu lintas, saat ini didominasi usia antara enam hingga 25 tahun. Oleh karena itu, dirinya mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengutamakan keselamatan berlalu lintas dengan mematuhi peraturan yang ada.

“Berkolaborasi bersama BUMN lainnya tentunya edukasi akan lebih efektif dan luas. Jasa Raharja akan selalu menyosialisasikan kepada masyarakat tentang keselamatan berkendara untuk mencapai masyarakat yang aman dan tertib,” kata Rivan A Purwantono.

Lebih lanjut pihaknya mengungkapkan, selama ini Jasa Raharja bersama mitra kerja terkait, seperti kepolisian, Kementerian Perhubungan, dan pihak terkait lainnya gencar melakukan berbagai program keselamatan berlalu lintas kepada generasi milenial.

“Program-program pencagahan tersebut telah kami laksanakan, mulai dari untuk kalangan usia dini, mahasiswa, hingga komunitas-komunitas kendaraan bermotor, sehingga pesan-pesan keselamatan dapat disebarkan secara masif dan berkelanjutan,” ucap Rivan A Purwantono.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur mengatakan, selain di Bandung, Jasa Marga dan Jasa Raharja juga menargetkan menyelenggarakan program Safety Riding di daerah- daerah lainnya ke depan, seperti di Kota Lampung, Medan, dan Surabaya.

“Ilmu dan tata cara berkendara yang aman dan berkeselamatan merupakan hal yang sangat diperlukan bagi anak-anak muda Indonesia, sehingga kami menargetkan acara ini dilaksanakan secara berkelanjutan," kata Subakti Syukur.

"Manfaat dan ilmu yang didapatkan oleh peserta tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, namun juga bisa disebarluaskan ke lingkungan sekitarnya hingga mewujudkan perjalanan yang aman dan selamat untuk diri sendiri dan orang lain,” tambahnya.

Dalam implementasi program TJSL ini, Jasa Raharja dan Jasa Marga turut didukung BUMN lainnya, seperti PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Perum DAMRI, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Perkebunan Nusantara VIII, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Len Industri (Persero), dan PT Pos Indonesia (Persero).

Kolaborasi antar-BUMN ini diwujudkan dengan membangun booth pameran untuk mempromosikan produk unggulan masing-masing perusahaan.

Acara Safety Riding Bersama Jasa Marga dan Jasa Raharja ini menghadirkan sejumlah bintang tamu, di antaranya komika Yono Bakrie dan pemain sinetron “Preman Pensiun” Fajar Khuto.

Para bintang tamu tersebut memberikan edukasi dengan konsep drama menarik dan informatif mengenai praktik berkendara secara aman dan selamat. Acara ini juga dimeriahkan penyanyi wanita yang sedang naik daun Ghea Indrawari.

(and_)

Berita Terkait

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024, Jasa Raharja Komitmen Dukung Upaya Strategis Seluruh Stakeholder

Dirut Jasa Raharja Hadiri Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024

Seluruh Korban Kecelakaan Bus PO Handoyo Terjamin Santunan Jasa Raharja

Kakorlantas dan Dirut Jasa Raharja: Laka 7 Motor Lawan Arus vs Truk di Lenteng Agung Tidak Layak Dapat Santunan

Sinergitas Forum Komunikasi Lalu Lintas Kota Solo Tekan Risiko Laka Lantas

Gelar Program Kampus Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, Jasa Raharja dan Korlantas Polri Ajak Mahasiswa jadi Agen Keselamatan Berkendara

Jasa Marga Sediakan 68 Rest Area dari Jakarta-Surabaya

Ini Strategi Jasa Marga Dukung Kelancaran Arus Mudik-Balik Lebaran

Kemenhub Siapkan Tiga Skenario Arus Balik Idul Adha

Jasa Raharja dan PNM Kolaborasi Gelar Pelatihan Safety Riding untuk Account Officer

Erick Thohir: Sports Science Penting dalam Transformasi Sepak Bola

Mulai 3 Januari 2024, Pejabat Kementerian BUMN Pakai Kendaraan Listrik

Pertemuan Pertama usai Diusung Cawapres, Gibran Banjir Pujian Erick Thohir

FIFA Gelontorkan Dana Hibah Rp85,6 Miliar, Dukung Pengembangan Sepak Bola Indonesia

Resmi! Stadion Manahan Didapuk jadi Venue Final dan Semifinal Piala Dunia U-17

Pegadaian x Plustik: Konser Lokananta Festival 2023 Hasilkan 1 Ton Sampah Plastik, Siap Daur Ulang

Erick Thohir Berangkatkan 100 Ribu Peserta Mudik Gratis BUMN

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024, Jasa Raharja Komitmen Dukung Upaya Strategis Seluruh Stakeholder

Dirut Jasa Raharja Hadiri Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024

Ultah ke-63, Momentum Jasa Raharja Perkuat Transformasi Pelayanan Optimal Masyarakat

Jasa Raharja Raih Penghargaan Annual Report Award 2022

Jasa Raharja dan Korlantas Polri Cek Kesiapan Posko Keamanan Mandalika

Ini Strategi Jasa Marga Dukung Kelancaran Arus Mudik-Balik Lebaran

Berita Lainnya