Pend & Budaya

Gebrak Inovasi Baru, Solo Batik Fashion Usung Tema Plus Size Urban Style

Pend & Budaya

3 Oktober 2023 13:27 WIB

Pre Event Solo Batik Fashion XV digelar bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Senin (02/10/2023) di Kampung Batik Kauman. (Foto: Dok. solotrust.com/Aulia Rahman Ramadhani)

SOLO, solotrust.com – Pre Event Solo Batik Fashion (SBF) XV sebagai rangkaian dari acara puncak Solo Batik Fashion XV mengusung tema Plus Size Urban Style diselenggarakan di Kampung Batik Kauman, bertepatan peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober.

Direktur Program Batik Solo Fashion XV, Heru Mataya, mengatakan Kampung Batik Kauman merupakan salah satu kampung terbaik di Kota Solo di mana hidup dan kehidupannya selalu berkaitan dengan batik.



"Sejak tahun 2004 kampung ini sudah berproses menjadi kampung wisata yang jika dilihat hari ini selalu membuat eksplorasi-eksplorasi berkaitan dengan kegiatan forum batik dan sebagainya,” ungkapnya pada open speech SBF XV, Senin (02/10/2023)

Mengikuti tren mode kekinian untuk menumbuhkan ketertarikan anak muda, para desainer menyesuaikan desain mereka dengan selera generasi masa kini.

Fashion designer Batik Widayanti, Wida yang turut serta menyemarakkan SBF XV mengaku dirinya menghadirkan desain sesuai style anak muda dengan harapan mereka bisa mencintai batik.

"Sesuai dengan desain saya yang cenderung ke anak muda desainnya, saya berharap anak-anak muda mulai mencintai batik," harapnya.

Gelaran Pre Event SBF akan dilanjutkan pada acara puncak Solo Batik Fashion XV pada 14 Oktober 2023 di Koridor Gatot Subroto, Solo.

*) Reporter: Alya Ganzar Roosmika/Aulia Rahman Ramadhani

(and_)