Hard News

Cegah Banjir, Kodim Sukoharjo Normalisasi dan Bersihkan Aliran Sungai Langsur

TNI / Polri

07 Desember 2023 19:09 WIB

Cegah Banjir, Kodim Sukoharjo Normalisasi dan bersihkan aliran sungai Langsur

SUKOHARJO, solotrust.com- Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi bersama Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa dan Kadispertan Sukoharjo Bagas Windyaryatno, mengambil Apel Karya Bakti TNI dalam rangka antisipasi bencana banjir berupa normalisasi dan pembersihan sungai Langsur di ds. Parangjoro, Grogol, Sukoharjo, Kamis (7/12/2023).
 
Karya bakti melibatkan personel TNI dari Kodim 0726/Sukoharjo, Polres Sukoharjo, Dispertan, BPBD, SAR, PPM, Hipakad, FKPPI dan Saka Wira Kartika Dim 0726/Sukoharjo. Karya Bakti TNI ini merupakan perintah langsung dari  KSAD agar jajaran Satuan Teritorial menggiatkan berbagai macam kegiatan Karya Bakti yang bermanfaat dan dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.
 
Pembersihan Sungai Langsur ini serentak dilaksanakan dari tiga titik lokasi, yaitu aliran sungai yang melewati desa Parangjoro, Kelurahan Bulakrejo dan Kelurahan Sukoharjo. Sumber daya yang ada dikerahkan dengan Alat Berat Exavator (Backhoe), Gergaji mesin/Chainsaw, dan alat-alat kebersihan perorangan berupa Parang, Sabit dan gergaji.
 
"Perlu kami sampaikan kenapa sungai Langsur ini perlu di normalisasi, karena ini masalah yang harus kita pecahkan dimana ketika musim hujan debit air sungai dikhawatirkan akan meluap sehingga menggenangi tanaman padi para petani yang dilewati oleh sungai langsur ini, dimana di sepanjang aliran sungai Langsur ini ada sekitar 600 hektar lahan perswahan. Luapan sungai juga akan mengakibatkan banjir di lokasi-lokasi pemukiman hingga ke Jalan Raya Telukan," terang Wakil Bupati Agus Santosa.
 
Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi mengatakan, sesuai dengan perintah dari KSAD, hari ini TNI Angkatan Darat sedang melaksanakan karya bakti secara serempak di seluruh Indonesia. "Kami dari Kodim 0726/Sukoharjo antara lain adalah melaksanakan pembersihan sungai kemudian pembersihan pasar dan yang terakhir ada penanaman pohon," ungkap Dandim.
 
Sementara itu untuk sasaran pembersihan aliran sungai didukung oleh Pemda Kabupaten Sukoharjo dengan sasaran sepanjang 8 KM. 
 
Karya bakti ini Kodim Sukoharjo mengerahkan mengerahkan 150 orang dari anggota Kodim, kemudian dibantu dari stakeholder yang lain kurang lebih seluruhnya ada sekitar 400 orang yang melaksanakan Karya Bakti hari ini.
 
"Karya bakti ini sudah berjalan pada hari ketiga, ditargetkan normalisai sungai ini akan berjalan selama 10 hari kedepan," pungkas Dandim 0726/Sukoharjo.

(Wd)