Serba serbi

Liverpool Singkirkan Arsenal di Piala FA

Olahraga

8 Januari 2024 16:05 WIB

Trent Alexander Arnold merayakan gol pertama Liverpool. (Foto: Instagram/@liverpoolfc)

Solotrust.com - Putaran ketiga Piala FA 2023/2024 digelar di Emirates Stadium, Senin (08/01/2024) dini hari WIB. Pada laga big match ini, Liverpool sukses menyingkirkan Arsenal dengan skor 2-0.

Gol perdana Liverpool lahir berkat bunuh diri Jakub Kiwior, sedangkan gol kedua The Reds datang dari Luis Diaz. Hasil ini membuat Liverpool melaju ke babak berikutnya, sementara Arsenal harus rela tersingkir dari Piala FA.



Awalnya, Arsenal langsung tancap gas. Mereka bermain agresif dan memberikan tekanan ke benteng pertahanan Liverpool. Tim Gudang Peluru langsung mendapat peluang pada menit ketiga.

Reiss Nelson menerima umpan panjang dari Ramsdale dan menerobos pertahanan Liverpool. Ia kemudian berhasil melewati Alisson. Sayang saat menendang bola, sepakannya masih melebar dari lapangan.

Pada menit kedelapan, Arsenal mendapat peluang. Dilihat dari situasi sepak pojok, bola akhirnya dikuasai Kai Havertz di depan kotak penalti.

Kai memotong ke tengah dari sisi kanan lapangan. Ia lantas melepaskan tembakan melengkung dari tiang jauh, namun digagalkan Alisson.

Pada menit kesebelas, Liverpool kembali nyaris kebobolan. Kesalahan umpan Gomez menyebabkan bola jatuh di kaki Martin Odegaard di depan kotak penalti. Dia melepaskan tembakan kuat, namun bola membentur mistar gawang.

Setelah itu, The Reds mulai sedikit menekan permainan Arsenal. Mereka sempat memberikan tekanan ke pertahanan The Gunners dan mendapat peluang dari sundulan Darwin Nunez memanfaatkan sepak pojok. Sayang, sundulannya di tengah kotak penalti meleset dari sisi kiri gawang.

Pada menit ke-38, Arsenal mendapat peluang. Bola dikuasai Saka jatuh ke kaki White. Selanjutnya, sang bek melepaskan tembakan keras ke sisi kiri gawang, namun bisa ditepis Alisson.

Pada menit ke-44, Liverpool akhirnya mendapat peluang emas. Si Merah menguasai bola di sisi kiri lapangan dan dengan cepat mengoper bola ke Trent di sebelah kanan.

Ia lantas memasuki area penalti dan melepaskan tembakan kuat, namun bola hanya membentur mistar gawang. Pada akhirnya, tidak ada gol di 45 menit pertama. Arsenal 0-0 Liverpool.

Di babak kedua, Liverpool mulai mengambil kendali permainan dan menyalip Arsenal. The Reds berkali-kali menyerang pertahanan Meriam London, namun gagal menghasilkan peluang nyata.

Pada menit ke-58, Arsenal mendapat peluang. Kai Havertz masuk dari kiri dan mengirimkan umpan silang ke tiang jauh. Saka menendang bola dengan keras, namun masih melenceng dari sasaran.

Liverpool akhirnya mencetak gol pada menit ke-80. Tendangan bebas Trent dari sisi kanan kotak penalti melayang ke tiang dekat, bola membentur kepala Kiwior dan masuk ke gawangnya sendiri. Skor berubah jadi 1-0.

Arsenal kemudian bermain lebih agresif. Mereka mengubah strategi, namun Liverpool kembali mencetak gol pada menit ke-90+5 melalui serangan balik dilancarkan Nunez di sisi kiri.

Bola dioper ke Jota yang akhirnya mengoper bola ke Luis Diaz di sisi kanan. Diaz lantas melepaskan tembakan keras dari kotak penalti untuk menjadikan skor 2-0. Gol ini pun mengakhiri babak kedua.(Stefanus Julian)

*) Berbagai sumber

(and_)