Hard News

TMMD Reguler ke-120 Resmi Dibuka, Wabup Sukoharjo: Wujud Sinergitas TNI-Polri dan Masyarakat

TNI / Polri

08 Mei 2024 14:59 WIB

Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-120 Tahun Anggaran 2024 Kodim 0726/Sukoharjo resmi dibuka, Rabu (08/05/2024). (Foto: Dok. solotrust.com/Wina)

SUKOHARJO, solotrust.com - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-120 Tahun Anggaran 2024 Kodim 0726/Sukoharjo resmi dibuka, Rabu (08/05/2024).

Upacara pembukaan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa dengan tema 'Darma Bakti TMMD Mewujudkan Pembangunan di Wilayah' dilaksanakan di Desa Wirun, Kecamatan Mojolabam, Kabupaten Sukoharjo.



Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Bupati (Wabup) Sukoharjo Agus Santosa serta dihadiri Danlanud Adi Soemarmo, Kapolres Sukoharjo, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Acara juga melibatkan kompi TNI-Polri, siswa-siswi SMA, satuan pengamanan (Satpam), dan organisasi kemasyarakatan (Ormas) setempat.

Rangkaian acara Upacara Pembukaan TMMD, di antaranya penandatanganan dan penyerahan naskah program TMMD dari Wakil Bupati kepada Dansatgas Letkol Czi Slamet Riyadi, disaksikan Danlanud Adi Soemarmo dan Forkopimda.

Usai penandatanganan, Danlanud Adi Soemarmo, Danrem 074/Wrt, Wakil Bupati, Dansatgas, serta rombongan Forkopimda Sukoharjo menuju lokasi TMMD Reguler ke-120 TA 2024 Kodim 0726/Sukoharjo di Desa Wirun untuk melaksanakan kegiatan peninjauan lokasi dan peletakan batu pertama secara simbolis.

Dalam laporannya, Perwira Pelaksana TMMD, Kapten Inf Kurniawa Jayadi menyampaikan rencana pelaksanaan TMMD Reguler ke-120 TA 2024 meliputi sasaran fisik dan nonfisik. Sasaran fisik TMMD Reguler ini meliputi pembangunan talud jalan pertanian di dua titik lokasi serta pembangunan betonisasi di dua titik lokasi.

Ada pula pembangunan betonisasi, pengurugan jalan pertanian, rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak dua  unit, rehabilitasi satu unit masjid, rehabilitasi sarana mandi, cuci, dan kakus (MCK) sebanyak empat unit, dan rehabilitasi satu unit pos kamling.

Selain sasaran fisik, TMMD Reguler ke-120 ini juga akan melaksanakan sasaran nonfisik berupa penyuluhan dan pelayanan, meliputi Penyuluhan Wasbang dan Bela Negara oleh Kodim 0726/Sukoharjo, Penyuluhan Narkoba, Hukum dan Kamtibmas oleh Polres Sukoharjo, Penyuluhan KB Kesehatan dan Stunting oleh Dinkes Kabupaten Sukoharjo, DPPKBP3A dan Puskesmas Mojolaban, Penyuluhan Pertanian oleh Dispertan Sukoharjo, serta Rekam dan Sosialisasi KTP elektronik/e-KTP oleh Disdukcapil Sukoharjo.

Dalam keterangannya, Danrem 074/Wrt Kolonel Inf Ali Akhwan berharap sesuai tema TMMD Reguler ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo TA 2024, yakni 'Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah' diharapkan TNI bersama masyarakat dan seluruh elemen yang terlibat dapat bersinergi melaksanakan pembangunan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, mengatakan TMMD merupakan wujud sinergitas antara TNI-Polri dan seluruh elemen masyarakat. Sinergitas yang terjalin merupakan upaya percepatan pembangunan di wilayah pedesaan untuk menyejahterakan ekonomi rakyat, khususnya petani. (Wina)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya