Pend & Budaya

Semarak Budaya Indonesia Meriahkan Kota Solo, Gelar Imaji Khatulistiwa

Pend & Budaya

10 Mei 2024 13:51 WIB

Wilujengan Festival Semarak Budaya Indonesia (SBI) di Balai Kota Solo, Kamis (09/05/2024). (Foto: Dok. solotrust.com/Rosa Trianda Dewi)

SOLO,  solotrust.com - Balai Kota solo menjadi saksi kegemilangan budaya Indonesia melalui Festival Semarak Budaya Indonesia (SBI) yang memasuki tahun kesebelas. Ya, dalam rangka memperingati momentum istimewa ini, SBI menghadirkan tema 'Gelar Imaji Khatulistiwa', mengundang delegasi seni dari berbagai daerah.
 
Digelar pada Jumat dan Sabtu (10-11/05/2024), festival ini menghadirkan sebanyak 20 sanggar seni yang akan menampilkan pertunjukan memukau, mencerahkan, dan merangkul keberagaman budaya Indonesia. 
 
Ketua panitia Festival Semarak Budaya Indonesia, Apriza Rizaldi Naim, mengatakan melalui harmoni tari, musik, seni rupa, dan beragam karya kreatif lainnya, SBI menjadi wahana bagi para seniman untuk mempersembahkan kekayaan budaya Indonesia.
 
"SBI tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini kami akan fokus pada budaya dalam semua aspek, seperti seni kriya, seni tari, seni musik, dan seni wastra," ungkapnya, Kamis (09/04/2024).
 
Disebutkan pula, khusus tahun ini SBI akan dimulai lebih awal, yakni pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB, berbeda dengan tahun sebelumnya dimulai pada 19.00 WIB.
 
Tak hanya menampilkan pertunjukan seni, SBI juga menyelenggarakan berbagai kegiatan pendukung, termasuk pameran seni, bazar kuliner, dan lokakarya kreatif. Diharapkan, melalui festival ini, semangat cinta Tanah Air dan kebanggaan terhadap keberagaman budaya Indonesia semakin menggelora.
 
Demi kelancaran kegiatan, pihak penyelenggara juga melakukan wilujengan atau doa bersama dipimpin tokoh agama setempat.
 
Sementara itu, perwakilan Sanggar Tari Kirana Budaya, Dewi Sunarwiti Handayani, mengatakan ini merupakan kali pertama sanggar tarinya tampil dalam Festival Semarak Budaya Indonesia.
 
“Tahun ini kami akan menampilkan karya baru yang dibuat dengan bertemakan burung elang,” ucapnya. 
 

*) Reporter: Rosa Trianda Dewi/Alya Nur Azizah/Yusticia Tiara Maharani


(and_)