Hard News

Awal Mei, Kereta Api Bandara Dioperasikan Untuk Jalur Solo-Kutoarjo

Jateng & DIY

11 April 2018 14:13 WIB

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro. (solotrust.com/vin)

SOLO, solotrust.com- PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan segera mengoperasikan Train set Kereta Api Bandara Lintas Bandara Adi Soemarmo - Stasiun Solo Balapan untuk melayani jalur Solo-Kutoarjo. PT KAI sendiri akan menerima train set itu pada akhir April ini. Kereta berjenis Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) ini akan difungsikan pada awal Mei mendatang.

"Kereta ini rencananya kami operasikan untuk Solo-Jogja-Kutoarjo, awal Mei bisa beroperasi. Karena train setnya akan tiba pada akhir April nanti," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro usai audiensi dengan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Rabu (11/4/2018).

Menurutnya, satu train set terdiri dari 4 gerbong dengan dua kepala di kedua ujungnya. Dirinya berharap dengan keberadaan train set itu bisa membantu prameks dalam melayani penumpang Solo-Jogja-Kutoarjo.

"Kereta yang akan dioperasikan sama seperti yang digunakan di Bandara Minangkabau," kata Edi.

Ditambahkannya, pengoperasian ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan kereta baru. Selain agar garansi kereta api tidak berkurang atau hangus. Selain itu, tingginya animo masyarakat menggunakan kereta Solo-Jogja-Kutoarjo juga menjadi alasan pengoperasian tersebut.

"Kalau tidak difungsikan nanti malah rusak jadi sementara akan difungsikan dulu," katanya.

Untuk kapasitas KRDE sendiri, lanjut Edi, satu gerbong terdapat 50 tempat duduk. Sehingga untuk satu train set akan mampu menampung 200 penumpang.

"Ini kan keretanya baru, kapasitas duduk 200 tapi kalau berdiri bisa sampai 500, ini masih dikaji mau sistem duduk semua atau berdiri juga," kata dia. (vin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya