Serba serbi

MotoGP: Kecelakaan Jerez, Dovizioso Salahkan Lorenzo dan Pedrosa

Olahraga

7 Mei 2018 11:15 WIB

Duo pembalap Ducati Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo beradu cepat dengan pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa di Sirkuit Jerez Spanyol, Minggu (06/05/2018) (autosport.com)

SPANYOL, solotrust.com – Tensi pertarungan perebutan titel juara MotoGP kembali memanas di Sirkuit Jerez Spanyol, Minggu (06/05/2018). Namun kali ini tidak melibatkan Valentino Rossi dengan Marc Marquez, melainkan terjadi antara duo pembalap Ducati Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo dengan pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa yang terlibat kecelakaan. Saling tuding siapa penyebab insidenpun tak pelak terjadi.

Andrea Dovizioso menyalahkan Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo atas kecelakaan yang membuat ketiganya hengkang lebih cepat dari balapan. Dia menilai Pedrosa terlalu agresif menekan. Pada tahap penutupan, Lorenzo menjaga Dovizioso dan Pedrosa di posisi kedua saat Dovizioso melakukan pergerakan pada rekan setimnya di tikungan 6.



Kedua pembalap itu melebar dan ketika Lorenzo berusaha memotong untuk merebut kembali posisinya, dia melakukan kontak dengan Pedrosa yang mencoba melewati kedua rivalnya di bagian dalam. Akibat benturan, motor Lorenzo tak terkendali dan menabrak Dovizioso.

Dovizioso menganggap Pedrosa membuat kesalahan terbesar karena dia adalah orang yang memiliki pengamatan terhadap dua pembalap di depannya.

"Saya pikir kesalahan terbesar berasal dari Dani karena dia ada di belakang kami. Dia masuk sedikit lebih cepat dari biasanya. Dani ada di belakang, dia mampu mengatur situasi dan dia hanya memotong di dalam, lebih cepat dari setiap putaran (lainnya) dan membuat kecelakaan. Yang pasti dia melakukan kesalahan," tuding Dovizioso, dilansir dari Autosport, Senin (07/05/2018).

Di lain pihak, Pedrosa berpendapat dia tidak mengambil tikungan lebih cepat dari biasanya. Pembalap asal Spanyol ini merasa perbedaan kecepatan datang dari pengendara Ducati yang lambat karena mereka melebar.

"Tidak, saya tidak lebih cepat, kalau tidak saya tidak bisa mempertahankan line saya. Saya melakukan line normal saya. Mereka melambat karena mereka berada di luar,” bantah Pedrosa.

Dovizioso menuding Jorge Lorenzo juga bersalah. Menurutnya Lorenzo tidak memeriksa alias tidak peduli dengan pembalap di belakangnya. Dia memotong sedikit terlalu cepat ke race line untuk mencoba keluar secepat yang dia bisa.

"Ini adalah campuran dari kesalahan antara Pedrosa dan Lorenzo. Yang pasti, Dani dan Jorge melakukan kesalahan," tandas pembalap bernomor 04.  

(and)