Serba serbi

Penting Buat Pemudik, Simak Tips Menghindari Petir Berikut

Tips & Trik

10 Juni 2018 07:11 WIB

(Dok BMKG)

SOLO, solotrust.com – Saat cuaca mendung, terkadang sambaran petir bisa muncul tiba-tiba. Jika tak waspada, petir ternyata sangat berbahaya dan bisa menyambar orang.

Terutama orang-orang yang saat terjadi petir berada di luar ruangan, disebut sebagai yang paling rentan terkena sambaran.



Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengimbau untuk segera masuk berlindung ke ruangan apabila terjadi petir. Lalu bagaimana bagi pemudik yang tengah berkendara tiba-tiba ada petir?

“Segeralah masuk ke dalam ruangan atau mobil jika kalian sedang berada di luar ruangan dan mendengar guntur,” tulis BMKG dalam keterangannya, seperti dikutip akun Instagram @ infobmkg.

Selain itu, bagi pemudik yang mengendarai motor, disarankan untuk langsung berhenti dan mencari tempat berlindung ketika ada petir. “Jika kalian sedang mengendarai motor, segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung.”

Jika tengah berlindung atau berteduh di luar ruangan, usahakan juga mengatur jarak 3-5 meter dengan orang lain agar terindar dari lontaran energi saat ada petir.

Petir, disebutkan BMKG, bisa mengantarkan energi melalui air. Petir juga mencari tanah untuk melepaskan energinya. Untuk itu hindari berada di lahan seperti sawah, lapangan, atau taman.

“Jangan berlindung di bawah pohon, karena pohon yang tersambar petir energinya dapat melompat ke tubuh. Jauhi tiang listrik, menara, atau sesuatu yang tinggi yang mudah tersambar petir,” tulis BMKG.

(way)