Serba serbi

Benarkah Alien Pernah Tinggal di Bulan? Ini Kata Ilmuwan

Musik & Film

25 Juli 2018 03:33 WIB

Bulan (Nasa)

SOLO, solotrust.com - Bulan mungkin pernah ditinggali alien. Kehidupan luar angkasa tidak mustahil telah membuat jalan menuju 'tetangga terdekat' kita setelah ledakan meteorit. Ketika itu terjadi, atmosfer jauh lebih layak huni ketimbang sekarang dan siap mendukung kehidupan, meski hanya sebentar.

Hal itu diungkapkan dua peneliti planet senior yang menemukan bahwa bulan mungkin memiliki kondisi untuk mendukung bentuk kehidupan sederhana sekira empat miliar tahun lalu. Mereka menyatakan, kondisi yang sama mungkin telah terjadi selama puncak aktivitas vulkanik 3,5 miliar tahun lalu.



Selama waktu itu, bulan memuntahkan sejumlah besar gas sangat panas, termasuk uap air. Gas-gas itu mungkin terbentuk menjadi cairan di permukaan serta membentuk atmosfer yang dapat mempertahankannya di sana.

"Jika cairan dan atmosfer yang signifikan hadir di bulan awal untuk jangka waktu yang lama, kami pikir permukaan bulan setidaknya sudah bisa dihuni sementara," kata astrobiolog di Washington State University, Dirk Schulze-Makuch yang menulis makalah dengan Ian Crawford, seorang profesor ilmu planet dan astrobiologi di Universitas London, sebagaimana dilansir dari Independent, Selasa (24/07/2018).

Bulan juga dianggap telah dibungkus dalam medan magnet yang akan menyimpan setiap bentuk kehidupan di sana aman dari angin solar mematikan.

Bukti paling awal kehidupan di bumi berasal dari sekira 3,5 dan 3,8 miliar tahun dalam bentuk cyanobacteria. Peneliti mengatakan, selama waktu itu tata surya merupakan tempat kekerasan, ditandai dengan dampak meteorit yang sering terjadi. Adalah mungkin bahwa beberapa kehidupan bisa dibawa ke bulan, dibangun dari salah satu ledakan itu.

"Ini sangat mirip dengan bulan yang layak huni saat ini. Sebenarnya ada mikroba yang berkembang di kolam air di bulan sampai permukaan menjadi kering dan mati," kata Schulze-Makuch.

Para peneliti berharap spekulasi itu akan mendorong Nasa dan lembaga ruang angkasa lainnya melakukan program masa depan eksplorasi bulan. Itu bisa menguji deposit bulan dari periode untuk menemukan apakah mereka termasuk tanda-tanda kehidupan atau mensimulasikan kondisi bulan awal di bumi atau stasiun luar angkasa internasional, untuk melihat apakah ada kehidupan di sana.

(and)