Hard News

Bawa 153 Butir Amunisi, Pemuda Ini Diamankan

Hard News

12 September 2018 17:58 WIB

Calon penumpang pesawat di Bandara Timika membawa 153 amunisi dan uang Rp 110 juta.

JAYAPURA– Seorang calon penumpang pesawat udara dari Kabupaten Mimika tujuan Dekai, Kabupaten Yahukimo berinisial RW (20 tahun), ditangkap di Bandara Moses Kilangin Timika, Senin (10/9/2018), karena membawa 153 butir amunisi.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal dalam siaran persnya mengatakan, sekira pukul 11.15 WIT, RW memasuki ruangan bandara dan petugas meminta yang bersangkutan memeriksa ransel yang dibawaanya menggunakan X ray. Saat ransel itu diperiksa, di layar monitor terlihat gambar menyerupai amunisi.



"Tapi calon penumpang RW langsung mengambil barangnya dan menuju ke counter check in Pesawat Demonim dan Susi Air untuk menanyakan tiket pesawat ke Dekai, Kabupaten Yahukimo," kata Kombes Pol A.M. Kamal, Senin (10/9/2018).

Petugas menduga ransel yang dibawa RW berisi amunisi, petugas X ray kemudian melapor kepada Kepala Avsec (Aviation secuity) Bandara Moses Kilangin Timika.

Petugas Avsec kemudian memeriksa kembali barang bawaan RW menggunakan X ray. Saat diperiksa ulang, layar monitor kembali memperlihatkan (mendeteksi) adanya amunisi.

Petugas kemudian menahan barang bawaan RW untuk diperiksa lebih lanjut. Anggota KP3 udara Timika mengamankan RW beserta barang bawaannya.

"RW kemudian dibawa ke Polres Mimika untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Selain mengamankan 153 butir amunisi, petugas juga menemukan uang senilai 110 juta rupiah yang dibawa RW," katanya. #teras.id

(wd)