Pend & Budaya

Dua Tim PKM-M Kemenristekdikti 2019 ISI Surakarta Laksanakan Monev Eksternal Hari Ini

Pend & Budaya

27 Juni 2019 18:12 WIB

Kedua Tim PKM -M ISI Surakarta bersama Wakil Rektor Bidang III Dr. RM. Pramutomo, M. Hum dan jajaran di Halaman Rektorat ISI Surakarta, Selasa (25/6/2019) lalu. (Dok. ISI Surakarta).

SOLO, solotrust.com – Dua tim PKM - M (Program Kreativitas Mahasiswa - Pengabdian Kepada Masyarakat) tahun 2019 yang lolos didanai Kemenristekdikti dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) eksternal di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Monev dilakukan selama dua hari, Kamis dan Jumat (27-28/6/2019).

Sebelumnya, pada Selasa (25/6/2019) lalu dua tim tersebut mendapatkan pembekalan dari Rektor ISI  Guntur dan jajaran di Rektorat Kampus ISI Surakarta. Pembekalan tersebut menjadi salah satu tahapan persiapan tim PKM agar bisa lolos menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun 2019 di Universitas Udayana, Bali.



”Dua tim tersebut sudah diberikan pembekalan mengenai proses presentasi, baik dari metode penyampaian, materi, media dan strategi lainnya agar lebih memantapkan kualitas dari kedua tim PKM-M yang semuanya dari FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) tersebut,” ujar Ketua Pokja PKM ISI Surakarta, Eko Sriharyanto kepada solotrustcom, Kamis (27/6/2019)

Adapun judul yang diusung oleh tim PKM-M adalah "Pengenalan Cerita Wayang Ramayana Bersama Walimba (Wayang Kertas Limbah) Untuk Siswa SD Negeri 05 Wirun Sukoharjo" beranggotakan Rahel Olivia Chandra Estoni Putri, Nadiah arif Firdausi, dan Bayu Adi Susetya yang merupakan mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual dengan Dosen Pembimbing Basnendar Herry Prilosadoso.

Sedangkan tim PKM-M lainnya mengangkat judul ”Pendapa Wetan (Pemberdayaan Pemuda Penguat Promosi Desa Wisata Trangsan) Melalui Video Kreatif” beranggotakan Daniel Andhika Morgana, Sigit Rizal Hidayat, Firdana Bilankawa, dan Alpin Ramadhia yang merupakan mahasiswa Prodi Televisi dan Film dengan Dosen Pembimbing Nur Rahmat Ardi Candra.  

Basnendar menyampaikan, dalam pembekalan monev internal pada hari Selasa (25/6/2019) tersebut juga dihadiri oleh staf Akademik dan Kemahasiswaan, Tim Pokja PKM dan dosen pembimbing.

”Kami harapkan presentasi dua tim ini bisa maksimal sebagai upaya untuk lolos Pimnas nantinya,” tambah Basnendar. (adr)

()