Hard News

Malam Tirakatan Jelang Detik-detik Proklamasi

Jateng & DIY

16 Agustus 2018 22:34 WIB

Siswa-siswi Sekolah Dasar ini tengah menyanyikan lagu-lagu perjuangan di acara malam tirakatan.

SOLO, solotust.com- Malam memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia biasanya dimeriahkan dengan malam tirakatan di berbagai daerah di tanah air.

Di Kota Solo dari pantauan solotrust.com pada Kamis (16/8/2018) malam, setiap kampung mengadakan panggung-panggung tirakatan. Didalamnya berisi berbagai hiburan dengan nuansa kemerdekaan. Banyak unsur yang terlibat di acara tersebut, tak hanya orang dewasa, anak-anakpun juga memperlihatkan kebolehannya di atas panggung, seperti koor lagu-lagu perjuangan, drama dan lain sebagainya.  



“Merdeka…!” itulah pekik yang diteriakkan oleh ketua RT salah satu kampung di Kadipiro, Dwi Prastomo sebelum membuka acara ditarakatan di daerahnya.

“Malam ini kita memperingati 73 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia dengan mengingat dan merenungkan kembali nilai-nilai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan ini,” tuturnya   

Malam tirakatan sendiri membawa masyarakat untuk mengingat kembali jerih payah perjuangan bangsa hingga berhasil memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Pemerintah Kota Surakarta pada malam ini juga menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti. Seluruh lapisan masyarakat, TNI, Polri dan siswa-siswi juga hadir dalam acara tersebut.    

(wd)