Hard News

Ganjar: Desain Reaktivasi Jalur KA di Jateng Sudah Siap

Hard News

26 September 2018 21:36 WIB

Ilustrasi (Foto: Instagram Moech Loeqman)

MAGELANG, solotrust.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mengupayakan reaktivasi jalur kereta api di area Jateng segera terwujud. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bahkan menyebut desain reaktivasi sudah disiapkan.

“Desainnya sudah disiapkan, karena Jateng sedang mempersiapkan moda transportasi massal. Dan saya kira kereta api yang terbaik,” katanya saat seminar nasional bertema “Pengembangan Infrastruktur Transportasi sebagai Faktor Pendukung Pembangunan Nasional” di Universitas Tidar, Magelang, Selasa (25/9/2018).



Saat ini sebutnya, reaktivasi mengarah di wilayah utara dan jalur tengah. Untuk wilayah utara meliputi Semarang-Grobogan-Blora, sedangkan jalur tengah yang akan dihidupkan adalah jalur Purworejo-Magelang-Wonosobo.

Untuk jalur kereta api buatan Belanda, menurutnya memang ada beberapa rel yang hilang. Namun pihaknya bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) berjanji bakal menambah jalur-jalur kereta yang masih mempunyai potensi bagus.

Sementara terkait anggaran, kata dia, seluruhnya berasal dari pusat. Kebutuhan dana dihitung oleh Kemenhub dan PT KAI, sedangkan Pemprov Jateng hanya mengajukan permintaan reaktivasi jalur kereta api.

(way)