Hard News

Musim Hujan, Peternak di Boyolali Keluhkan Sapi Kekembungan

Jateng & DIY

13 Februari 2019 20:32 WIB

Pemeriksaan dan pengobatan gratis sapi di Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Boyolali. (Dok Disnakkan Boyolali)

BOYOLALI, solotrust.com – Musim hujan seperti sekarang ini, sejumlah peternak di Kabupaten Boyolali mengeluhkan sapinya mengalami kekembungan. Hal itu diungkapkan Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Ampel, Sutardi.

Sutardi bertugas membawahi beberapa kecamatan di antaranya Ampel, Selo, Cepogo, Gladagsari.



Menurut Sutardi dalam keterangan tertulisnya, pada musim hujan seperti ini banyak peternak mengeluhkan sapi yang mengalami kekembungan, salah satunya peternak di Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo.

”Keluhan peternak warga Sukabumi apabila di musim penghujan ini banyak sapi yang kekembungan dikarenakan memberikan rumput pada pagi hari. Dan sedangkan pada musim kemarau makanan hijauan atau rumput akan berkurang dan diganti dengan jerami yang didatangkan dari sawah sawah di daerah bawah,” katanya di sela pemeriksaan dan pengobatan sapi secara gratis pada Selasa (12/2/2019).

Bantuan pemeriksaan dan pengobatan sapi secara gratis dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali di Desa Sukabumi. Kegiatan tersebut rutin diadakan setiap dua bulan sekali.

Bantuan pemeriksaan sapi yang diberikan kemarin berupa pemberian vitamin dan obat cacing kepada sapi, selain itu juga terdapat pengobatan sapi yang gatal-gatal.

”Kegiatan seperti ini sangat positif sekali dan harapannya sering-sering untuk dilaksanakan khususnya di Desa Sukabumi,” terang salah satu peternak, Sholeh Mawardi.

Warga Desa Sukabumi mayoritas memang bekerja di sektor pertanian. Mereka lebih banyak beternak sapi jantan dikarenakan lebih menguntungkan daripada beternak pada sapi betina.

(way)