Serba serbi

Berkat Jiwaru DAYS, AKB48 Jadi Penyanyi Terlaris Kedua di Jepang

Musik & Film

22 Maret 2019 18:12 WIB

MV "Jiwaru DAYS" AKB48 (Dok. AKB48).

Solotrust.com - AKB48 baru saja mencatatkan milestone baru dalam karir musiknya. Idol group wanita tersebut saat ini menjadi penyanyi terlaris kedua di Jepang berkat single terbaru mereka "Jiwaru DAYS".

Dilansir dari Yahoo Japan via Arama Japan, Kamis (21/3/2019), penjualan “Jiwaru DAYS” telah membawa AKB48 pada angka 60 juta unit penjualan, yang menyalip grup rock legendaris Jepang Mr.Children yang telah menjual 59,5 unit.



Pada tahun 2017, AKB48 juga diketahui menjadi artis wanita Jepang yang paling banyak menjual album sepanjang masa, di atas diva Ayumi Hamasaki.

Satu-satunya artis yang berada di atas AKB48 saat ini adalah B’z, yang telah menjual album sebanyak 82 juta unit menurut data Oricon.

"Jiwaru DAYS" adalah single ke-55 AKB48 yang versi fisiknya rilis pada 13 Maret 2019. Lagu ini menggambarkan bagaimana seseorang yang akan memulai sebuah perjalanan baru dalam hidupnya.

"Jiwaru DAYS” adalah lagu yang liriknya ditulis oleh kreator AKB48, Yasushi Akimoto. Sementara musiknya dibuat oleh Tsukasa Yoshida dan Kohei Tsukada, dengan arrangement yang dikerjakan APAZZI.

Dalam MV "Jiwaru DAYS", sebanyak 3450 kostum yang sebelumnya pernah dipakai AKB48 untuk tampil diperlihatkan. Mereka terlihat berada di dalam sebuah ruangan yang seluruhnya tertutupi dengan kostum dari single-single sebelumnya, seperti “Koisuru Fortune Cookie”, “Halloween Night”, dan “LOVE TRIP”.

Rino Sashihara menjadi center untuk single ini, yang sekaligus juga menjadi single terakhirnya di AKB48.

Line Up AKB48 yang tampil dalam single ini adalah Nana Okada, Rin Okabe, Yuka Ogino, Yui Oguri, Yuki Kashiwagi, Nagisa Sakaguchi, Rino Sashihara, Miu Shitao, Miru Shiroma, Maya Sugawara, Akari Suda, Juri Takahashi, Yumiko Takino, Miku Tanaka, Rika Nakai, Jurina Matsui, Hana Matsuoka, Mion Mukaichi, Moeka Yahagi, Mizuki Yamauchi, Yui Yokoyama, dan Akari Yoshida. (Lin)

(wd)