Hard News

Upacara Hardiknas di Solo Diwarnai Teguran Wali Kota Kepada Peserta Upacara

Jateng & DIY

2 Mei 2019 17:06 WIB

Peserta upacara Hardiknas di Stadion R. Maladi Sriwedari, Laweyan, Solo, Kamis (2/5/2019).

SOLO, solotrust.com - Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo sempat menegur peserta upacara di tribun terbuka Stadion R. Maladi, Sriwedari karena dianggap tidak menghormati prosesi jalannya upacara.

Dalam upacara yang diikuti ribuan peserta itu sebagian peserta upacara di tribun terbuka kedapatan duduk saat prosesi lagu Indonesia Raya pengibaran bendera merah putih dan saat pembacaan teks pancasila. Mereka yang berada di tribun terbuka mayoritas terdiri dari pelajar dan guru pendamping.



"Temanya saja menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan, tapi menghormati lagu wajib bangsa Indonesia Raya tidak mau berdiri, teks pancasila tidak berdiri, jadi mohon kepada guru pendamping, dengarkan dan hormati karya bangsa Indonesia," ucap Rudy di hadapan ribuan peserta saat hendak menyampaikan amanat sebagai inspektur upacara Hardiknas, Kamis (2/5/2019)

Rudy menekankan, ke depan jika peserta ingin menghadiri upacara di stadion agar menghargai dan menghormati setiap jalannya prosesi upacara terlebih saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan.

"Ke depan kalau memang mau hadir di stadion ya mohon untuk mengikuti prosesi upacara dengan khidmat. Besok kalau tidak berdiri tidak akan saya ingatkan, ini bagian dari sebuah pendidikan karakter, menghargai dan menghormati karya bangsa Indonesia, jadi mohon diperhatikan, yang berdiri tidak hanya yang di lapangan, semua yang di dalam ini peserta, jadi harus menghormat bendera dengan sikap sempurna," tegas dia. (adr)

(wd)