Ekonomi & Bisnis

Penerimaan Pajak Kanwil DJP Jateng II Capai 30%

Ekonomi & Bisnis

26 Mei 2019 14:32 WIB

Buka Puasa Bersama Kanwil DJP Jateng II.

SOLO, solotrust.com - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah (Kanwil DJP Jateng) II mencatat penerimaan pajak sampai dengan Mei 2019 ini sebesar Rp 4,23 Trilyun atau 30,25% dari target yang ditetapkan.

"Capaian penerimaan tertinggi dicapai KPP Pratama Cilacap sebesar 42,11% diikuti KPP Pratama Boyolali dengan 42,02%," tutur Rida Handanu, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II, di sela acara Buka Puasa Bersama, Kamis (23/5/2019).



Kata Rida, sehubungan dengan implementasi Automatic Exchange of Information (AEOI), target penyampaian SPT Tahunan dinaikkan menjadi 90% baik untuk SPT PPh Orang Pribadi maupun Badan.

"Untuk target tersebut, Kanwil DJP Jawa Tengah II baru mencapai realisasi sebesar 662.989 SPT atau 79,76% dari target sebesar 831.278 SPT," imbuhnya.

Maka dari itu Kanwil DJP Jawa Tengah II beserta seluruh unit kerja KPP Pratama akan berusaha maksimal untuk mencapai target. Dengan harapan, target yang tinggi akan menambah database pajak dan tentunya meningkatkan capaian penerimaan.

Acara Buka Puasa Bersama sendiri diadakan di parkir basement gedung Kanwil DJP Jateng II, Manahan Solo, Kamis (23/5/2019) mulai jam 15.30 WIB sampai selesai. Acara diisi tausiah, pembagian bingkisan untuk anak yatim, ramah tamah dan buka puasa bersama.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan peluncuran Media Komunikasi Pajakita dalam versi digital. Media komunikasi Kanwil DJP Jawa Tengah II yang sudah berumur 10 tahun tersebut sebelumnya hanya berupa cetak.

"Harapan dari dibuatnya media komunikasi versi digital ini, agar info-info perpajakan terkini dapat diketahui wajib pajak yang saat ini mulai menjangkau dunia maya," pungkasnya. (Rum)

()