Hard News

Jasa Raharja Berangkatkan 7.426 Peserta Mudik Balik

Jateng & DIY

13 Juni 2019 14:56 WIB

Pemberangkatan peserta mudik balik Bersama Jasa Raharja.

BOYOLALI, solotrust.com - PT. Jasa Raharja (Persero) memberangkatkan sekitar empat ribuan pemudik untuk periode arus balik lebaran 2019 pada Kamis (13/6/2019) melalui Asrama Haji Donohudan Boyolali dengan menggunakan sebanyak 70 armada bus.

Baca juga: Ribuan Orang Mudik Gratis Kembali ke Jakarta Hari ini



Program "BUMN Balik Bareng 2019" ini mengusung tagline #BalikBarengAsyikLancar. Acara pemberangkatan dihadiri Kepala Perwakilan PT. Jasa Raharja Surakarta Wanda P. Asmoro, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Jawa Tengah Haryo Pamungkas, Sekretaris Perusahaan PT. Jasa Raharja Harwan Muldidarmawan  dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.  

Corporate Secretary PT Jasa Raharja (Persero), Harwan Muldidarmawan mengatakan, kegiatan Mudik Bareng BUMN Tahun 2019 yang diprakarsai oleh Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan bentuk sinergi beberapa BUMN dalam mewujudkan komitmen “BUMN Hadir Untuk Negeri” pada saat masyarakat melaksanakan kegiatan rutin setiap tahun di masa lebaran, yaitu mudik.

"Tidak hanya fokus terhadap kegiatan mudik, Jasa Raharja juga menyelenggarakan Balik Mudik di tahun 2019 ini, yaitu dengan memberangkatkan sebanyak 7.426 peserta kembali ke Jakarta, dimana 4.130 menggunakan moda transportasi bus dan 3.296 peserta menggunakan Kereta Api," tuturnya, Kamis (13/6/2019).

Harwan menambahkan, bahwa pemilihan waktu pelaksanaan Balik Mudik sendiri bertujuan untuk mengurangi kepadatan jalan menuju Jakarta. Dengan demikian kenyamanan dan keselamatan dapat terjaga dengan baik saat Mudik.

“Jika dibandingkan dengan tahun 2018, Terdapat peningkatan jumlah penumpang sebesar 18.10%, tentunya upaya untuk meningkatkan kapasitas peserta Balik Mudik akan terus ditingkatkan,” imbuhnya.

Adapun lokasi pemberangkatan Mudik Balik Bersama Jasa Raharja tahun 2019 dari 4 kota meliputi Boyolali, Surabaya, Semarang dan Malang. Pemberangkatan dilakukan dalam 2 hari, yaitu Kamis (13/6) dan Jumat (14/6).

Pada hari pertama, pemberangkatan dilakukan melalui halaman Asrama Haji Donohudan Boyolali dengan 70 bus. Juga melalui moda transportasi Kereta Api (KA) dari Surabaya via Solo (St. Surabaya Gubeng - St. Pasar Senen) dengan 1 rangkaian KA dan dari Surabaya via Solo (St. Pasar Turi – St.Pasar Senen) dengan 1 rangkaian KA.

Sedangkan pada hari kedua, pemberangkatan dilakukan dengan moda transportasi KA. Dari Semarang dengan rute St. Semarang Tawang - St. Pasar Senen dengan 1 rangkaian KA, dari Surabaya Via Solo (St. Surabaya Gubeng – St. Pasar Senen) dengan 1 rangkaian KA, dan dari Malang (St. Malang – St. Pasar Senen) dengan 1 rangkaian KA.

Sebelum pemberangkatan melalui halaman Asrama Haji Donohudan, dilakukan peninjauan armada bus dan pemotongan balon terlebih dahulu. Para peserta Mudik Balik Bersama Jasa Raharja juga dihibur dengan tari tradisional, reog, dan musik dangdut. (Rum)

(wd)