Hard News

Mbah Sadiman, 23 Tahun Berjuang Demi Warga Lereng Gunung Lawu

Jateng & DIY

03 September 2019 13:49 WIB

Mbah Sadiman. (dok. net)

Solotrust.com- Mbah Sadiman nama pria sepuh itu. Meski sudah tua namun semangatnya untuk peduli terhadap lingkungan tak jua surut. Mbah Sadiman melakukan penghijauan dengan menanam pohon beringin di lereng Gunung Lawu Jawa Timur. Sudah lebih dari 11 ribu tanaman pohon beringin yang telah ia tanam sejak tahun 1996 di lahan seluas 250 Ha Bukit Gendol dan Bukit Ampyang lereng Gunung Lawu.

Tak pelak aksi yang telah dilakukannya itu mendapatkan ganjaran penghargaan dari berbagai pihak. Dia baru-baru ini mendapatkan penghargaan berupa Apresiasi Dukungan Insan Inspiratif di Desa Genang, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah pada Minggu (25/8/2019). Selain itu Mbah Sadiman juga mendapatkan penghargaan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan mendapatkan dukungan serta penghargaan sebagai tokoh penyelamat lingkungan yang gigih dan semangat tanpa pamrih, meski telah memasuki usia senja. BRI mendukung gerakan dan penanaman pohon yang dilakukan oleh Mbah Sadiman dan memberikan dana sebesar 100 juta rupiah atas kepedulian yang tinggi kepada lingkungan dan juga kemanusiaan.



“Dulu saya dianggap gila. Ketika (masyarakat) yang lain menanam tanaman pangan saya malah menanam pohon beringin.Tapi sekarang, apa yang saya tanam tersebut bisa menghasilkan air untuk warga dan udara menjadi sejuk.” ujar Mbah Sadiman.

Mbah Sadiman telah melakukan penanaman ini selama 23 tahun atas inisiatif dirinya sendiri dan tidak mendapatkan bantuan dari pihak manapun. Namun, apa yang dilakukannya selama ini telah menjadi manfaat untuk warga Desa Geneng lereng Gunung Lawu.

“Apa yang telah dilakukan oleh Mbah Sadiman kiranya bisa menjadi contoh bagi kita semua dan semoga kita semua bisa mengikuti jejak langkah beliau dalam pelestarian lingkungan.” ujar Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penagnggulangan Bencana (BNPB) Lilik Lilik Kurniawan.

Dulu desa sekitar tempat Mbah Sadiman menanam pohon beringin sempat mengalami kekeringan di musim kemarau dan banjir di saat musim hujan. Kini air hasil dari tanaman pohon beringin yang telah ditanam Mbah Sadiman bisa memperlancar ketersediaan air bai warga sekitar. (dd)

(wd)