Sabtu , 4 April 2020

Hujan! Ini 7 Jenis Rempah Pencegah Flu

27 Desember 2019 19:01 WIB


Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

Solotrust.com - Musim penghujan seperti sekarang, tubuh perlu mendapatkan kekebalan ekstra agar tak gampang terserang penyakit. Salah satu penyakit yang biasa terjadi saat musim peralihan atau pun musim penghujan adalah influenza atau biasa disebut flu. 

Penyakit ini bisa datang dengan cepat, apalagi jika kondisi tubuh tengah mengalami kelelahan akibat banyaknya aktivitas. Oleh sebab itu, perlu diimbangi konsumsi makanan ataupun minuman agar stamina tubuh tetap terjaga dan tak mudah terserang flu.



Berikut beberapa jenis rempah bermanfaat untuk mencegah datangnya penyakit influenza, dirangkum dari berbagai sumber

1. Kumur air garam

Jika tenggorkoan terasa mulai sakit, berkumur dengan air dicampur dengan garam laut cukup dianjurkan. Cairan ini bisa membersihkan lendir dari saluran pernapasan yang membuatnya merasa lega.

2. Minum Banyak Air

Air merupakan elemen penting untuk tubuh manusia. Air juga bisa digunakan untuk membantu metabolism dan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Jika banyak meminum air putih maka virus yang menyebabkan flu akan hilang. Pun demikian dengan demam akan mereda.

3. Konsumsi jahe dan Madu

Jahe dan madu adalah kombinasi alami untuk menangkal virus penyebab flu. Keduanya bisa menjadi anti inflamasi dan bisa pula untuk memberikan kenyamanan tubuh.

4. Konsumsi Kunyit

Kunyit juga dianjurkan untuk dikonsumsi dan digunakan untuk melawan virus yang menyebabkan flu. Kunyit bubuk bisa dicampur dengan air hangat dan diminum setiap hari guna mencegah datangnya flu sebab kunyit sangat tinggi nilai anti oksidannya.

5. Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis mempunyai sifat antioksidan dan anti bakteri sehingga bisa digunakan untuk mencegah datangnya flu, batuk kronis dan juga bisa untuk meredakan penyakit sinus.

6. Teh Herbal Hangat

Teh herbal hangat bisa untuk mengurangi kemampetan di saluran pernapasan dan juga bisa digunakan untuk mencegah dehidrasi dan mengurangi perasaan nyaman di hidung dan tenggorokan.

7. Teh Jahe

Teh yang dicampur jahe bisa pula meredakan dan mencegah flu sebab jahe mempunyai kandungan senyawa gingerol yang biasanya dikenal sebagai penekan batuk alami. 

Itulah beberapa jenis rempah dan minuman yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan dan mencegah datangnya penyakit influenza. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com