Selasa , 7 April 2020

Hati-Hati Memilih Produk Perawatan Wajah, Perhatikan Kandungan Didalamnya

30 Desember 2019 07:45 WIB


Ilustrasi.

JAKARTA - Memilih produk perawatan wajah tak mudah bagi pemilik kulit sensitif. Ada sejumlah kandungan dalam produk yang harus diperhatikan, karena alih-alih menjadikan kulit semakin kinclong, justru dapat menyebabkan kemerahan hingga iritasi pada kulit.

Berikut ini adalah sejumlah kandungan dalam produk perawatan kulit yang perlu diwaspadai dosis dan pengunaannya, dilansir dari Glamour.



 

1. Retinol

Retinol merupakan kandungan yang mujarab untuk meningkatkan produksi kolagen. Namun, retinol juga dapat memicu kemerahan pada kulit disertai dengan pengelupasan.

 

2. Asam salisilat

Ahli bedah kecantikan dan dermatologi dari New York, Dendy Engelman, menyebutkan asam ini merupakan musuh terbesar jerawat dan komedo. Namun, asam salisilat cenderung menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan memicu iritasi.

 

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan pelembab alami yang kaya asam lemak dan antioksidan. Namun, tidak semua jenis kulit cocok dengan bahan alami ini. Engelman mengatakan minyak kelapa memiliki tingkat pemicu komedo yang tinggi.

"Dia berada di skala empat, dari nol hingga lima. Selain itu, minyak kelapa juga cenderung menyumbat pori-pori," kata Engelman.

 

4. Asam hialuronat

Asam hialuronat atau HA merupakan salah satu kandungan yang paling banyak dicari sepanjang 2019. Hampir seluruh produk kecantikan mulai dari pelembab bibir, perawatan rambut, hingga pelembab wajah mengandung asam jenis ini, karena sifatnya yang mampu melembabkan dan membantu proses penyerapan produk lain. Asam ini memang tidak secara langsung menyebabkan iritasi pada kulit, namun sifatnya yang membuka jalan bagi produk lain dapat meningkatkan potensi iritasi.

 

5. Benzoil peroksida

Zat ini terbukti ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat dengan cepat. Kendati demikian, dermatolog Kenneth Howe mengingatkan bahwa benzoil peroksida tidak diperuntukkan bagi semua jenis kulit. Benzoil peroksida pada kukit sensitif dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar, kering, dan perih.

 

6. Asam hidroksi

AHA merupakan kandungan dalam produk perawatan kulit yang populer pada 2019. Sifatnya yang mampu mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, hingga mengecilkan pori-pori banyak disukai oleh para pecinta produk perawatan kulit. Kendati demikian, asam ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif karena kandungannya dapat membuat kulit bereaksi pada sinar matahari. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com