Jumat , 3 April 2020

Pemeriksan Kesehatan di Stasiun Balapan, Penumpang Keluhkan Penyakit Tidak Menular

1 Januari 2020 06:05 WIB


PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta menggelar kegiatan pemeriksaan gratis untuk calon penumpang kereta api, Selasa (31/12/2019)

SOLO, solotrust.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta menggelar kegiatan pemeriksaan gratis untuk calon penumpang kereta api, Selasa (31/12/2019) di Stasiun Solo Balapan. Mayoritas calon penumpang mengeluhkan beberapa jenis penyakit tidak menular.

Dokter dan Manajer Kesehatan PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Christoffel Marantau, menuturkan kegiatan pemeriksaan tersebut untuk memfasilitasi penumpang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).



"Pemeriksaan kesehatan gratis ini untuk membantu penumpang yang merasa kurang enak badan selama perjalanan mudik Nataru bisa berobat dulu," urainya di sela kegiatan.

Ditambahkan Christoffel, PT KAI menerjunkan lima tim medis dan dua dokter dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis.

"Jenis pemeriksaan gratis ini meliputi tekanan darah, hati, gula darah, asam urat, dan lainnya. Mayoritas dari hasil pemeriksaan kesehatan penumpang, kami menemukan penyakit asam urat, gula darah, dan hipertensi," imbuhnya.

Menurut Christoffel, bagi penumpang terdeteksi menderita penyakit parah akan dirujuk ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

"Dirujuk agar mendapatkan perawatan intensif dari dokter. Kami menyediakan dua dokter umum untuk membantu pasien yang mengeluhkan sakit," tandasnya.

Sementara itu, PT KAI juga menyediakan klinik 24 jam di setiap stasiun.

"Pemeriksaan kesehatan gratis ini sifatnya mobile. Jadwal Hari Selasa di Stasiun Solo Balapan, sedangkan Rabu di Stasiun Lampuyangan, Yogyakarta. Kami juga sediakan klinik 24 jam di setiap stasiun untuk bisa dimanfaatkan penumpang setiap hari," pungkas Christoffel. (awa)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com