Sabtu , 4 April 2020

Pembunuhan Jenderal Iran Picu Perang Dunia III?

5 Januari 2020 06:05 WIB


Pemimpin Quds Force Jenderal Qassim Solemaini (tengah) (Sumber: CNBC?Getty Images)

Solotrust.com - Pemimpin Quds Force Jenderal Qassim Solemaini dikabarkan meninggal dalam serangan udara pesawat tanpa awak milik AS di Baghdad. Serangan juga ikut menewaskan Abu Mahdi al-Muhandis, wakil komandan Popular Mobilization Forces, kelompok milisi Irak yang dibeking Iran.

Melansir Bloomberg, Sabtu (03/01/2020), serangan udara AS terjadi di dekat Bandara Internasional Baghdad. Penyerangan itu memunculkan kekhawatiran akan terjadinya Perang Dunia III melibatkan AS dan Iran serta negara-negara sahabat dari kedua negara yang tengah berkonflik itu.



Penembakan orang berpengaruh di Iran itu atas perintah langsung Presiden Donald Trump. Aksi ini bukan mustahil akan menyulut serangan balik ke pihak AS. 

Serangan AS ini dilakukan beberapa hari setelah pengunjuk rasa Irak pro-Iran mengepung kedutaan AS di Baghdad dan memicu bentrokan dengan pasukan AS di lokasi. Pentagon sendiri melakukan pembelaan atas apa yang telah diperbuatnya dengan menyebut Solemaini menyetujui serangan yang dilakukan terhadap Kedutaan AS. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com