Pend & Budaya

IKA UNS Salurkan 1800 Paket Bantuan bagi Korban Banjir

Pend & Budaya

13 Januari 2020 13:03 WIB

Rektor UNS Jamal Wiwoho saat melepas bantuan bagi korban banjir di Tangerang Selatan, Sabtu (11/01/2020). (Dok. Humas UNS)

TANGERANG SELATAN, solotrust.com – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) menyalurkan 1800 paket bantuan bagi korban banjir, tersebar bagi masyarakat di wilayah terdampak di Indonesia.

“Ini bentuk kepedulian IKA UNS kepada masyarakat terdampak banjir yang terjadi 1 Januari 2020 kemarin, seperti di Kabupaten Lebak, Banten, dan Bekasi, Jawa Barat,” kata Ketua Umum IKA UNS, Budi Harto, saat pemberangkatan bantuan ke Tangerang Selatan, Sabtu (11/01/2020).



Bantuan berupa kebutuhan pokok, makanan bayi, obat-obatan, alat memasak seperti kompor dan tabung, hingga perlengkapan mandi dan cuci.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin UNS setiap kali ada bencana di Indonesia seperti saat musibah gempa bumi di Lombok dan Palu. Kami berharap bantuan ini bisa meringankan penderitaan masyarakat,” ujarnya.

Ketua TIM SAR UNS yang juga bekerjasama dengan IKA UNS, Kuncoro Diharjo menjelaskan, TIM SAR UNS mengirimkan satu dokter, satu bidan, dan tiga perawat berpengalaman.

"Mereka sudah memiliki pengalaman rescue di luar dan dalam negeri, seperti di Palu dan Lombok. Tim ini melakukan pemetaan sekaligus membantu penanganan korban selama sepuluh hari," beber pria yang juga menjabat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS.

Ketua Alumni UNS Peduli Banjir, Heri Sosiawan, merinci bantuan di Kabupaten Bekasi meliputi Kecamatan Sukawangi dan Kecamatan Tambun Utara. Kecamatan Sukawangi dipusatkan di Desa Sukamekar, sedangkan bantuan di Kecamatan Tambun Utara dipusatkan di Desa Sriamur. Sementara di Kabupaten Lebak disalurkan ke sembilan desa terdampak di Kecamatan Sajira dan satu desa di Kecamatan Cimarga.

“Kami fokus di desa-desa terparah,” ucap dia.

Sementara itu, Rektor UNS, Jamal Wiwoho berharap bantuan yang disalurkan sampai kepada penerima dengan lancar, tepat sasaran, dan dapat membantu meringankan beban korban bencana banjir. (adr)

(redaksi)