Entertainment

BLACKPINK Artis K-Pop Paling Berpengaruh Tahun 2019 Versi PAPER

Selebritis

17 Januari 2020 03:08 WIB

BLACKPINK. (Dok. YG Entertainment).


Solotrust.com - BLACKPINK dipilih PAPER, majalah terkenal yang fokus pada musik, seni, film, mode, dan budaya asal Amerika Serikat sebagai artis K-Pop paling berpengaruh tahun 2019 dalam kategori budaya web dan media sosial.



Pada 14 Januari 2020 waktu setempat, PAPER mengumumkan "The Break the Internet Awards" 2019 dan BLACKPINK memenangkan  kategori "K-Pop Sensation".

PAPER menyoroti MV "Kill This Love" yang mencapai 56,7 juta penayangan dalam 24 jam pertamanya serta tampilnya mereka di Coachella.

 “Ketika berbicara tentang sensasi global, BLACKPINK adalah salah satu yang terbesar. Horn kemenangan 'Kill This Love' secara jelas menyebar," tulis PAPER.

BLACKPINK adalah grup K-Pop dengan jumlah pengikut Instagram terbanyak di dunia, yang menunjukkan kekuatan yang berpengaruh di media sosial. Akun masing-masing anggotanya dan akun Instagram resmi BLACKPINK sama-sama telah melampaui 20 juta pengikut.

Pada 18 Desember 2019, PAPER juga telah mengumumkan bahwa "Kill This Love" masuk dalam daftar 50 lagu Top 2019 versi PAPER. BLACKPINK adalah satu-satunya artis K-Pop yang lagunya ada dalam daftar itu, bersanding dengan artis global lain seperti Taylor Swift dan Billie Eilish.

Dalam ulasannya, PAPER mengatakan bahwa lagu itu berisi salah satu hook paling adiktif tahun 2019. Lagu itu juga penuh ledakan energi, dengan rap dan vokal yang mulus. MVNya juga menarik mata dan telinga pemirsa, dengan visual yang berapi-api. Koreografi dan gaya busananya juga mengesankan.

PAPER juga menyoroti fakta bahwa "Kill This Love" menetapkan rekor girlgroup K-Pop terbaik di chart Billboard, termasuk Hot 100 dan Billboard 200, serta raihan 253 juta kali streaming di Spotify.

Di Billboard, "Kill This Love" berhasil masuk di peringkat ke-41 chart HOT 100 dan ke-24 Billboard 200, yang merupakan rekor terbaik girlgroup K-Pop sepanjang sejarah. Lagu itu sukses berada di kedua chart tersebut selama 4 minggu berturut-turut, yang juga merupakan rekor terlama untuk girlgroup K-Pop sepanjang sejarah.

Tak hanya Billboard, "Kill This Love" juga berhasil masuk peringkat ke-33 chart single Official di Inggris, yang juga merupakan rekor terbaik untuk girlgroup K-Pop sejauh ini. Lagu itu bertahan selama 5 minggu berturut-turut di sana.

Tak hanya di Barat, "Kill This Love" juga merajai Cina, dengan berhasil menjadi lagu dengan penjualan tertinggi di chart album digital K-Pop 2019 di QQ Music, platform musik terbesar di Cina dengan sekitar 400 juta pengguna per bulannya.

"Kill This Love" juga menempati peringkat pertama dalam chart 20 lagu K-Pop paling top 2019 di KKBOX, platform streaming musik terbesar di Asia.

Dari sisi MV, "Kill This Love" juga diumumkan YouTube menempati ranking ke-8 sebagai MV yang paling banyak ditonton di dunia tahun 2019.

Grup beranggotakan Jennie, Rosé, Lisa, dan Jisoo ini juga memenangkan kategori "Music Video of the Year" dalam E! People’s Choice Awards 2019.

Teddy, yang sebelumnya juga memproduksi hit BLACKPINK termasuk "DDU-DU DDU-DU" menciptakan lagu ini. Secara lebih rinci, "Kill This Love" musiknya dibuat oleh Teddy, R.Tee, 24 dan Bekuh Boom. Sementara liriknya dibuat oleh Teddy dan Bekuh Boom. Dalam hal arrangement, dikerjakan Teddy, R.Tee, dan 24.

"Kill This Love" adalah lagu elektro-pop yang menghentak. Lagu ini menampilkan beberapa lirik Bahasa Inggris yang cukup panjang. Vokal khas Rosé dan Jisoo berpadu apik dengan rap mumpuni dari Jennie dan Lisa.

Secara lirik, lagu ini adalah "anti-love song", yang berfokus pada hubungan percintaan yang sudah runtuh. Jika sebelumnya mereka identik dengan hook "DDU-DU DD-DU", maka di "Kill This Love" BLACKPINK menirukan suara drum dengan hook "Rum Pum Pum Pum."

MVnya sendiri menampilkan 4 anggota BLACKPINK dengan berbagai citra, seperti sangat futuristik namun juga menampilkan sisi klasik, dengan berbagai kostum seperti gaun dengan mahkotanya, streetwear, kostum ala dewi, dan kostum dengan gaya Tomb Raider. (Lin)

(wd)