Senin , 6 April 2020

Tragedi SMPN 1 Turi, Sri Sultan Larang Adanya Kegiatan di Sekitar Sungai

22 Februari 2020 13:52 WIB


Sri Sultan Hamengkubuwono X.


SLEMAN, solotrust.com- Sri Sultan Hamengkubuwono X berikan ucapan belasungkawa dan prihatin atas peristiwa hanyutnya siswa SMPN 1 Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sultan dan GKR Hemas pun mengunjungi SMPN 1 Turi untuk bertemu dengan orang tua korban, Jumat (21/2/2020) malam.



Sultan mengatakan, sudah seharusnya menjadi kesadaran banyak pihak bahwa di musim penghujan, kawasan aliran sungai adalah kawasan yang berbahaya.   

“Ini kan anak-anak SMP dan kebetulan kan musim hujan, jadi mestinya di dekat sungai pun berbahaya, apalagi menyusur sungai.” Kata Sultan.

Sultan juga memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY agar mengeluarkan surat edaran untuk tidak beraktifitas di sekitar sungai saat musim hujan, guna mencegah terjadinya kejadian serupa.

“Saya minta untuk mengeluarkan edaran ya, selama musih hujan begini saya mohon anak-anak sekolah tanpa melihat ataupun kelompok masyarakat, tanpa melihat pendidikan entah SD, SMP maupun SMA  untuk menghindari kegiatan apapun di pinggir sungai, apalagi aktifitas brkaitan dengan masuk ke sungai, kita harus menjaga keselamatan itu nomor satu.” Imbau Sultan.

Sementara itu tim gabungan Basarnas DIY, SAR DIY, TNI dan Polri dibantu sejumlah elemen masyarakat masih melakukan penjagaan dan penyisiran di sepanjang kawasan aliran sungai yang dilalui para siswa. (adam)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com