Serba serbi

Sakit Kepala Jadi Indikasi Sakit Jantung?

Kesehatan

28 Februari 2020 18:34 WIB

Ilustrasi. (pixabay)

Solotrust.com- Sakit kepala mungkin sudah sering dialami oleh masyarakat di dunia. Namun masih banyak orang yang percaya bahwa sakit kepala memiliki korelasi yang berhubungan dengan penyakit jantung. Namun banyak masyarakat yang masih bingung apakah ini hanyalah mitos atau fakta?

Menjawab hal tersebut Konsultan Kardiologi Intervensi Rumah Sakit Awal Bros, dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP(K), FIHA menjelaskan, penyakit jantung memiliki korelasi dengan penyakit darah tinggi atau hipertensi yang bisa membunuh secara “diam-diam”.



“Gejala yang tersebut di atas adalah tanda bahwa tubuh sudah memberi sinyal bahaya. Lebih baik mengetahui tekanan darah dengan benar-benar mengukur memakai tensimeter secara berkala,” ujarnya.

Dokter Dasdo mengatakan, jika seseorang menunggu gejala seperti sakit kepala, pusing, pingsan, serangan jantung, dan stroke, artinya seseorang hanya menunggu terjadinya komplikasi. Kompilkasi ini disebabkan karena tekanan darah yang tidak terkontrol.

“Pengobatan tekanan darah meliputi perubahan gaya hidup sehat, makanan rendah garam, berolahraga, mengurangi konsumsi gula, dan jika belum terkontrol, sebaiknya mengonsumsi obat-obatan,” kata dia. #teras.id

(wd)