Minggu , 25 Oktober 2020

Giatkan Literasi, Superhero BNK Keliling Pelosok Desa Wisata

13 Maret 2020 22:05 WIB


Gatotkaca dan Pergiwa menggelorakan semangat membaca di pedesaan.


SUKOHARJO, solotrust.com- Desa Beji Jatingaran Kecamatan Weru, Sukoharjo menjadi lokasi pertama yang dikunjungi pasutri pegiat literasi asal Sukoharjo, Danar dan Pipit. Dengan mengenakan kostum wayang Gatotkaca dan Pergiwa, keduanya menggelorakan semangat membaca di pedesaan.



“Desa ini kami pilih karena memiliki potensi wisata yang sangat bagus sekali, ibarat sambil menyelam minum air, disamping ingin gelorakan semangat membaca, kami juga ingin promosikan desa wisata yang ada di wilayah Kabupaten sukoharjo,” katanya.

Desa beji jatingarang Kecamatan Weru mempunyai  kedung dan sungai yang sangat indah. Sungai inipun masih alami. Ini terbukti dari airnya yang masih jernih, dipenuhi dengan ikan. Belum lagi pemandangan gunung, membuat lokasi ini layak untuk menjadi lokasi wisata unggulan di Sukoharjo.

Kegiatan literasi di desa Beji Jatingarang dimulai dongeng kisah malin kundang. Cerita itu dikemas menyesuaikan perkembangan, dimana cerita dikembangkan dengan kisah malin spider, dimana tiba-tiba muncul spiderman dan superman.

“Spiderman yang super akirnya jadi jahat alias jadi malin spider setelah terlena di kota besar dan durhaka sama orang tua namun akirnya disadarkan superman,” imbuhnya.

Selain Desa Beji, Jatingarang, Pasutri ini berencana akan keliling ke desa wisata yang ada di 12 Kecamatan di Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan keliling desa ini sebagai salah satu upaya untuk menyerukan budaya membaca dipedesaan.

“Literasi ini tidak hanya di kota, tapi bagaimana caranya, membaca ini menjadi budaya hingga tingkat desa,” ungkapnya. (nas)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com