Selasa , 11 Agustus 2020

Kisah Guru Avan Rela Sambangi Muridnya Belajar dari Rumah

21 April 2020 01:33 WIB


Avan Fathurrahman menyambangi dan mengajar muridnya di rumah (Foto: Facebook Avan Fathurrahman)

Solotrust.com - Belakangan media sosial sempat dihebohkan aksi seorang guru rela datang ke rumah masing-masing muridnya guna membimbing belajar. Avan Fathurrahman nama guru mulia itu. Ia mengajar di SD Negeri Batuputih Laok 3 Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pak Guru Avan menjadi viral di berbagai media sosial berkat sebuah postingan di akun Facebook miliknya, Avan Fathurrahman. Ia menceritakan tentang kegiatan yang dilakukan dengan menyambangi muridnya satu per satu di rumah masing-masing.



“Sudah beberapa minggu saya berada dalam posisi yang dilematis. Bukan masalah rindu, tapi tentang imbauan Mas Menteri agar bekerja dari rumah,” tulisnya di laman Facebook miliknya.

“Ini jelas tidak bisa saya lakukan karena murid saya tidak punya sarana untuk belajar dari rumah. Mereka tidak punya smartphone dan juga tidak punya laptop. Jika pun misalnya punya, dana untuk beli kuota internet akan membebani wali murid," lanjut Pak Guru Avan dalam postingannya.

Avan juga menceritakan dirinya pernah mendengar jika salah satu wali muridnya sempat akan mencari hutangan untuk membeli ponsel. Kabar itu membuat Pak Guru Avan iba. Dirinya lalu memberikan pemahaman tidak perlu membeli ponsel untuk belajar di rumah, siswa bisa belajar dari buku-buku yang sudah dipinjami dari sekolah. 

“Saya bilang bahwa sayalah yang akan berkeliling ke rumah-rumah siswa untuk mengajari,” kisah Pak Guru Avan di akun Facebooknya.

Seperti diketahui, adanya wabah Covid-19 membuat para siswa sementara harus belajar di rumah. Upaya ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu. Beberapa sekolah meminta para murid mengikuti pelajaran yang disiarkan stasiun televisi milik pemerintah.

Ada pula sekolah menerapkan sistem pembelajaran secara online. Tak sedikit murid dari kalangan tidak mampu terpaksa harus menunggu kehadiran gurunya secara langsung agar bisa mendapatkan materi pelajaran. (dd)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com