Kamis , 3 Desember 2020

Program Belajar dari Rumah, Kemendikbud Hadirkan Film-Film Dokumenter Netflix

18 Juni 2020 15:31 WIB


Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA, solotrust.com - Memasuki kalender akademik libur sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan kemitraan dengan penyedia layanan hiburan streaming kelas dunia, Netflix. Sebagai bagian dari program Belajar dari Rumah, film-film dokumenter Netflix akan ditayangkan melalui saluran televisi.

Mulai 20 Juni 2020, film-film dokumenter persembahan Netflix akan tayang perdana setiap Sabtu pukul 21.30 WIB dan tayang ulang setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB. Tayangan-tayangan ini akan disiarkan secara terestrial melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI).



Program Belajar dari Rumah yang diluncurkan 12 April 2020 merupakan alternatif belajar di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Upaya ini dilakukan Kemendikbud guna memastikan agar dalam masa sulit ini masyarakat terus mendapatkan kesempatan melakukan pembelajaran dari rumah. Salah satunya melalui media televisi dengan jangkauan terluas di Indonesia.

“Program Belajar dari Rumah di TVRI ditujukan untuk membantu peserta didik, orang tua, dan guru yang memiliki keterbatasan akses internet, baik karena kendala ekonomi maupun geografis,” terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Rabu (17/06/2020), dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, kemdikbud.go.id.

Mendikbud menambahkan, tidak terkecuali pada masa libur sekolah, Kemendikbud tetap berkomitmen menyediakan tayangan berkualitas tinggi yang mendidik dan menghibur.

Upaya untuk terus membangun pendidikan bermutu ketika menghadapi pandemi ini pun disambut baik Netflix yang berkontribusi menyediakan konten kelas dunia untuk kerja sama ini tanpa biaya.

“Kemendikbud mengapresiasi dukungan Netflix yang untuk kali pertama di dunia bekerja sama dengan pemerintah menayangkan dokumenter terbaiknya melalui siaran televisi. Kami berharap upaya ini disambut baik dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk terus memperluas wawasan dengan cara lebih menyenangkan dan menghibur,” jelas Nadiem Makarim.

Sementara Wakil Presiden Konten Original Bahasa Lokal Netflix, Bela Bajaria mengatakan Netflix menawarkan berbagai jenis pilihan tayangan, termasuk film-film pemenang penghargaan, serial televisi untuk anak-anak dan keluarga, serta tayangan dokumenter. 

"Melalui kerja sama dengan Kemendikbud akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat mengakses dan menikmati tayangan dokumenter Netflix Original,” tambahnya.

Beberapa dokumenter pembelajaran Netflix Original yang dapat disaksikan pada program Belajar dari Rumah, di antaranya Our Planet, Street Food: Asia, Tidying Up with Marie Kondo, Spelling the Dream, Chasing Coral, dan Night on Earth. Dokumenter-dokumenter itu akan ditayangkan dengan terjemahan Bahasa Indonesia.

Program Belajar dari Rumah melalui televisi berfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi, penumbuhan karakter, dan perluasan wawasan kebudayaan. Kemendikbud dalam hal ini terbuka terhadap konten positif, baik dari Indonesia maupun mancanegara.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com