Selasa , 11 Agustus 2020

Bahan Terbaik untuk Membuat Masker Kain, Katun atau Sifon?

29 April 2020 10:19 WIB


Masker kain.

JAKARTA, solotrust.com- Masyarakat diwajibkan mengenakan masker kain saat beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penularan virus corona baru atau Covid-19. Setiap orang bisa membuatnya sendiri di rumah. Pertanyaan pertama yang muncul ketika Anda berpikir untuk membuat masker di rumah adalah bahan apa yang paling efektif menyaring partikel?

Para peneliti dari Argonne National Laboratory dan University of Chicago, Amerika Serikat, telah menguji berbagai bahan di laboratorium untuk menyelidiki sifat penyaringan mekanik dan elektrostatik masing-masing. Hasilnya, banyaknya lapisan dan campuran kain dinilai paling baik untuk menyaring partikel.



Penelitian yang dimuat di ACS Nano, sebuah jurnal dari American Chemical Society, ini dilakukan pada berbagai kain termasuk katun, sutra, sifon, kain flanel, berbagai sintetis dan kombinasinya.

"Secara keseluruhan, kami menemukan bahwa kombinasi berbagai bahan dalam masker kain berpotensi memberikan perlindungan yang signifikan terhadap transmisi partikel aerosol," kata para peneliti.

"Efisiensi filtrasi hibrida (seperti katun-sutra, katun-sifon, katun-flanel) adalah lebih dari 80 persen (untuk partikel lebih kecil dari 300 nanometer) dan lebih dari 90 persen (untuk partikel lebih besar dari 300 nanometer)," tulis para peneliti .

Para peneliti berspekulasi bahwa peningkatan kinerja bahan hibrida kemungkinan karena efek gabungan dari filtrasi berbasis mekanik dan elektrostatik.

Tim menemukan bahwa untuk kain seperti katun, jumlah benang yang tinggi adalah yang terbaik. Semakin kecil lubangnya, semakin sedikit partikel besar yang bisa lepas. Ini adalah penyaringan mekanis, di mana kain secara fisik menangkap partikel.

Sementara, filtrasi elektrostatik terjadi pada kain statis seperti poliester, filter elektrostatik yang dapat menjaga aerosol di dalam lingkungan statis.

Jadi, kalau mau membuat masker kain sendiri di rumah, gunakan beberapa lapis bahan kombinasi agar lebih efektif menyaring partikel. Tapi ingat, semua ini tidak berfungsi jika Anda mengenakan masker dengan cara yang tidak tepat. Pemasangan yang tidak tepat dapat menurunkan efisiensi penyaringan 60 persen. Jadi, masker apa pun yang Anda kenakan, pastikan mengenakannya dengan tepat. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com