Serba serbi

8 Ide Menghidupkan Suasana Rumah Agar Terasa Hangat dan Akrab

Tips & Trik

10 Mei 2020 02:01 WIB

Ilustrasi.


JAKARTA, solotrust.com- Rumah selalu menjadi tempat kembali dan tempat istirahat ternyaman. Tak heran jika banyak orang yang merasa lebih nyaman di rumah setelah bepergian jauh. Sebab itu, Anda tentu ingin menginginkan suasana rumah Anda menjadi hangat dan menyenangkan. Desain ruangan yang hangat pun sangat cocok untuk Anda yang suka menyambut tamu di rumah.



Cobalah beragam cara untuk membuat rumah menjadi lebih hangat bagi Anda dan keluarga. Rumah yang menghadirkan suasana hangat dan damai tentu mampu membuat semua penghuninya betah. Seperti menghadirkan dekorasi yang mewakili hobi atau kegemaran, tidak pernah gagal menciptakan kenyamanan bagi Anda dan keluarga. Berikut ini beberapa rekomendasi Arsitag untuk membuat rumah Anda terasa lebih hangat.

Tips mendesain rumah agar terasa hangat dan akrab

 

1. Hadirkan suasana ruang tamu yang “welcoming”

Ruang tamu kerap kali menjadi ruangan yang pertama kali Anda temui begitu masuk ke dalam rumah setelah seharian bekerja. Selain untuk menjamu tamu, ruangan ini pun sepatutnya membangun mood bagi pemilik saat kembali ke rumah. Sofa yang nyaman dengan warna kalem disertai sebuah lukisan, mampu membantu menghadirkan suasana rumah lebih hangat dan welcoming, baik bagi Anda maupun tamu Anda.

 

2. Kehangatan foto keluarga

Dekorasi yang heartwarming dan membuat rumah lebih hangat ketika pulang adalah foto keluarga. Keberadaan foto keluarga berpengaruh membentuk kesan bahwa Anda benar-benar sedang di rumah. Kenyamanan pun seketika datang dengan sendirinya.

 

3. Wajib ada! Ruangan untuk bersantai dan menekuni hobi

Bagi yang memiliki hobi musik atau seni, Anda mungkin akan butuh ruangan khusus untuk melakukan hobi tersebut. Jika Anda baru saja pulang dari bepergian untuk waktu yang cukup lama, ruangan ini tentunya masuk dalam daftar hal yang dirindukan. Selain itu, ruangan dengan fungsi demikian biasanya akan membuat Anda lebih rileks dan merasa benar-benar tenteram.

 

4. Ruang serbaguna, Main musik? Ayo! Mau baca buku pun bisa!

Konsep sudut ruangan yang hangat berikutnya bersifat multifungsi. Yaitu, untuk bermain musik sekaligus membaca buku. Ruangan yang serba tersedia ini melengkapi fasilitas hobi dan kegemaran Anda, sehingga Anda lebih nyaman dan betah di rumah.

 

5. Kamar tidur dengan tema warna tertentu

Pemilihan warna termasuk poin penting dalam pembentukan suasana mood yang diharapkan. Secara psikologis, warna alam seperti warna biru biasanya akan memberikan kesan menenangkan. Sangat cocok diterapkan dalam peruntukan ruang beristirahat. Aplikasikan warna biru dalam satu gradasi yang serasi pada perabotan kamar tidur. Ciptakan kamar tidur yang nyaman untuk Anda beristirahat dengan baik.

Lihatlah, bagaimana warna biru yang hangat dipadu dengan wallpaper serta lampu hias di nakas. Sst, menambahkan banyak bantal di kasur termasuk trik jitu untuk meningkatkan kehangatan dalam kamar, lho. Tampak sangat cozy untuk beristirahat, bukan?

 

6. Dapur dengan lukisan dan lampu gantung

Dapur minimalis Anda terlihat membosankan akibat minimnya kitchen set? Lampu gantung dan lukisan adalah solusinya. Hasilnya, nuansa yang bersahabat saat memasak dan bersantap bersama pasangan atau anggota keluarga lainnya. Jangan lupa, tambahkan desain dengan material kayu untuk memperkuat kesan rumah lebih hangat, ya! Keberadaan tekstur mampu meningkatkan kesan ruangan yang lebih hangat.

 

7. Ruang makan dengan jendela yang lebar

Memanfaatkan cahaya alami termasuk cara andalan untuk memberikan kehangatan di dalam rumah. Desain ruang makan yang mempersilakan masuknya cahaya matahari akan membuat Anda merasa hangat dan nyaman. Sarapan pun semakin menyenangkan sambil menikmati udara dan cahaya matahari langsung. Dengan sendirinya rumah akan terasa lebih hangat, begitu pula dengan mood setiap anggota keluarga.

 

8. Tempat berkumpul di atap

Anda menghadapi keterbatasan lahan? Tempat alternatif untuk merasakan kehangatan rumah tentu saja adalah ruangan di atap. Sulaplah menjadi tempat yang asyik untuk berkumpul dan bercengkerama. Saat cuaca cerah, Anda bisa menikmati waktu dengan barbekuan bersama keluarga tercinta. #teras.id

(wd)