Rabu , 21 Oktober 2020

Cara Jin BTS Berdamai dengan Dirinya Sendiri Saat Merasa Tertinggal dari Yang Lain

15 Juni 2020 14:01 WIB


Jin BTS (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com- BTS menjadi salah satu tokoh yang memberi pidato "Dear Class of 2020", perayaan kelulusan virtual yang dihelat YouTube pada 8 Juni 2020. BTS merekam pidatonya dari Museum Nasional Korea Selatan di Seoul.

Dalam pidatonya, Jin BTS berbagi pemikirannya tentang bagaimana ia berdamai dengan dirinya sendiri saat merasa tertinggal dari yang lain.



Di awal, ia mengenang bagaimana kelulusannya dulu. Ia mengatakan saat itu ia berusia sekitar 20 tahun, lulusan SMA yang siap masuk universitas.

"Saat itu, gagasan menjadi dewasa adalah sesuatu yang sangat menakutkan. Karena cemas membuat jalan ke dunia yang tidak dikenal, saya berhati-hati dengan semua yang saya katakan atau lakukan," kata Jin.

Jin kemudian mengatakan bahwa kadang ia merasa gelisah karena melihat teman-temannya berjalan jauh di depannya. "Berusaha mengikuti kecepatan mereka hanya akan membuatku terengah-engah," katanya, yang kemudian menyadarkannya bahwa kecepatan mereka bukanlah miliknya.

"Apa yang menyadarkan saya pada saat-saat itu adalah janji yang saya buat dengan diri saya sendiri, yaitu membuatnya lebih santai. Saya akan berjalan dengan kecepatan saya sendiri, dengan mantap," kata Jin.

Jin kemudian mengatakan bahwa sejak saat itu ia menjadi terbiasa untuk menyediakan waktu ekstra untuk dirinya sendiri. "Misalnya, ketika belajar koreografi, saya mulai berlatih beberapa hari lebih awal daripada yang lain," ungkapnya.

Di akhir pidatonya, ia memberi nasehat kepada siapapun untuk jangan tergesa-gesa ketika merasa hilang dan tidak yakin atau tertekan saat akan memulai sesuatu yang baru.

"Jika ada di antara Anda yang merasa hilang di tengah keraguan atau ketidakpastian, atau tekanan untuk memulai sesuatu yang baru, jangan terburu-buru. Ambil napas dalam-dalam. Anda mungkin menemukan bahwa setiap saat dapat diubah menjadi peluang. Biarkan diri Anda tenang. Lakukan satu langkah pada satu waktu. Anda mungkin menemukan hal-hal penting yang Anda lewatkan, dan mereka akan menjangkau Anda," kata Jin. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com