Selasa , 1 Desember 2020

Asia Tenggara Jadi Pasar K-Pop Terbesar Setelah Jepang dan Cina

1 Agustus 2020 13:55 WIB


BTS (Dok. Big Hit Entertainment)

 

Solotrust.com- Asia Tenggara termasuk di dalamnya Indonesia menjadi pasar K-Pop terbesar setelah Jepang dan Cina. Menurut data yang dirilis oleh Creative Content Agency Korea Selatan, melansir dari HelloKpop (30/7/2020), Asia Tenggara muncul sebagai pasar terbesar ketiga untuk musik Korea, setelah Jepang dan Cina, dengan pertumbuhan 60 persen hanya dalam dua tahun.



Lebih lanjut, berdasarkan distribusi pemirsa global klip K-Pop yang diterbitkan oleh BLIP tahun lalu, K-Pop memiliki jumlah pemirsa online yang tinggi di kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia dan Thailand, dengan jumlah penayangan masing-masing 2,62 miliar dan 2,15 miliar.

Dalam ASEAN-ROK Culture Innovation Summit di Busan, Korea Selatan tahun lalu, sebagaimana dikabarkan Jeff Benjamin untuk Billboard, yang dihadiri Presiden Korsel Moon Jae In dan perwakilan dari 10 negara ASEAN yakni Indonesia, Thailand, Myanmar, Laos, Brunei, Kamboja, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina, dilaporkan bahwa Presiden Moon berterima kasih kepada negara-negara ASEAN karena menjadi yang pertama mengakui dan mendukung ekspor budaya Korea. Presiden Moon mengatakan ekspor budaya memberikan pertumbuhan tahunan rata-rata 16 persen selama lima tahun terakhir.

Pertemuan itu ditutup dengan presentasi dari Brian Chow, pendiri dan CEO iMe Group yang telah menghabiskan delapan tahun terakhir mendorong konser K-pop ke pasar luar negeri. Chow berbagi wawasan tentang bagaimana artis K-Pop telah meningkat menjadi apa yang disebutnya "panggung utama" di negara-negara seperti Malaysia, Taiwan dan Filipina.

Chow  juga berbagi analitik YouTube dari tahun lalu, mengatakan bahwa penayangan video idola K-Pop mencapai 26,5 miliar, dengan 89,1 persen pemirsa datang dari luar Korea selama periode studi 1 Juli 2018 sampai 30 Juni 2019.

CEO itu juga mengatakan Korea Selatan berada di peringkat pertama dengan 10,1 persen dari penayangan global, disusul Indonesia dengan 9,9 persen. Amerika Serikat saja berada di angka 7,4 persen, artinya lebih banyak pemirsa dari Indonesia dari AS.

Artis-artis K-Pop yang paling banyak ditonton adalah BTS, diikuti oleh BLACKPINK, TWICE, MOMOLAND, EXO dan 15 artis lainnya yang sebagian besar dari boygroup dan girlgroup, dikurangi penyanyi solo PSY dan IU. (Lin)



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com