Entertainment

BTS Jadi Artis K-Pop Terpopuler di Twitter Tahun 2020

Selebritis

24 September 2020 08:09 WIB

BTS (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com - Pada 22 September 2020, Twitter mengungkap beberapa data terkait K-Pop di platformnya, termasuk siapa artis K-Pop yang paling banyak dimention dalam kurun waktu 1 Juli 2019 hingga 30 Juni 2020.

Twitter mengatakan bahwa K-Pop adalah salah satu perbincangan paling menarik sekaligus paling besar dalam kurun waktu itu, yakni mencapai hingga 6,1 miliar percakapan, naik 15 persen dari tahun lalu yang sebanyak 5,3 miliar percakapan.



BTS menjadi artis K-Pop yang paling banyak dimention, diikuti EXO, GOT7, BLACKPINK, NCT 127, MONSTA X, SEVENTEEN, NCT Dream, TWICE, dan Stray Kids.

Tak hanya itu, 5 dari 10 lagu K-Pop yang paling banyak dimention dalam periode itupun pun berasal dari BTS yakni “ON”, Boy With Luv”, “Black Swan”, “Shadow”, dan "DNA". BTS juga menjadi akun Twitter artis K-Pop dengan pengikut terbanyak, yakni mencapai 28,5 juta.

Pada 16 September lalu, Twitter juga merilis laporan dengan judul "Twitter From Home", yang didasarkan pada analisis aktivitas cuitan dari periode 1 Maret hingga 1 September, waktu dimana situasi covid 19 sedang terjadi.

Hasilnya BTS menempati peringkat pertama dari sepuluh artis yang paling banyak dicuitkan di AS dalam 6 bulan terakhir pada tahun ini. BTS berada di atas sejumlah artis lain yakni Kanye West, Beyoncé, Drake, Megan Thee Stallion, NCT, Bad Bunny, ATEEZ, Cardi B, dan Harry Styles.

Tahun lalu, BTS dengan akunnya @bts_twt juga menjadi musisi yang paling didiskusikan di platform itu. Sementara pada tahun 2018, BTS juga menjadi akun Twitter yang paling banyak dicuitkan, dimana partisipasi J-Hope dalam dance challenge "In My Feelings" adalah cuitan yang paling banyak mendapatkan like.

Sejumlah rekor pun pernah didapat BTS di Twitter, seperti tagar #iVoteBTSBBMas yang menjadi tagar yang paling banyak dicuitkan dalam 24 jam pertamanya dalam sejarah Twitter.

Jutaan penggemar dari seluruh dunia menggunakan tagar itu untuk menunjukkan dukungannya pada BTS yang menjadi salah satu nominasi dalam penghargaan Billboard Music Awards (BBMAs) 2018, yang akhirnya bisa memenangkan penghargaan Top Social Artist.

Tagar itu telah dicuitkan lebih dari 51 juta kali tepatnya 51.727.200 dari 14-15 Mei 2018 waktu Amerika Serikat, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang tagar #AIDubEBTamangPanahon yang mencapai angka 40.706.392 dalam 24 jam pertamanya dari 24-25 Oktober 2015 silam.

Pada Agustus 2018, Guinness World Records mengumumkan bahwa BTS masuk rekor dunia  sebagai pengguna Twitter dengan engagement terbanyak yang didasarkan pada retweet rata-rata. BTS tercatat memperoleh 330.624 engagement di Twitter mengungguli perolehan Harry Styles yang mendapatkan 147.653. Angka tersebut BTS peroleh pada 23 April 2018.

Bufferapp.com mendeskripsikan engagement Twitter sebagai total angka dari berapa kali seorang penggunaa berinteraksi dengan sebuah tweet. Angka itu dihitung dari dimana saja dia mengklik tweet tertentu, termasuk retweet, reply, follow, like, link, card, hashtag, embedded media, username, profile photo dan Tweet expansion.

Tahun 2017, BTS juga masuk dalam Guinness World Records dengan “Twitter Engagement” serupa. BTS kala itu berhasil memperoleh angka retweet paling banyak untuk sebuah grup musik dengan 152.112 retweet. Berdasarkan data Guinness, angka tersebut diperoleh pada 8 Mei 2017. (Lin)

()

Berita Terkait

Sold Out King, Campaign Suga BTS dengan Brand Valentino Diserbu hingga Sold Out

BTS Exhibition Proof Digelar di Jakarta, Cek Harga Tiketnya di Sini

Jimins Production Diary, Cerita di Balik Album FACE

Lim Young Woong, Pesaing Berat BTS dan BLACKPINK Siap Comeback Oktober 2023

Jungkook BTS Rilis Single Kedua

Suga BTS Siap Berangkat Wamil Pekan Ini

Studio Plesungan Hadirkan Seniman Belanda, Presentasi Karya Artist In Residency

Tips Mengecilkan Perut Ala Artis Korea

Lyodra Ginting Banggakan Indonesia di Asia Artists Awards 2022

Festival Musik Head in the Clouds Digelar di Jakarta, Berikut Line Up Artisnya

Berikan Edukasi Make Up Terkini di Alana Solo, LT Pro Gandeng 2 MUA Profesional

Kisah Mbah Randimo Jatuh Bangun sebagai Seniman Tradisi

OMO Jinja! Idol K-Pop Pria Kini Menyukai Fashion Ketat

Hindari Wamil, Member Boy Group Ini Dijatuhi Hukuman Percobaan

November Bergemuruh: 5 Daftar Idol K-Pop yang akan Mengisi Akhir Tahun dengan Comeback

Gibran Gelar Sayembara 100 Tiket Gratis Nonton K-POP Xodiac di Pura Mangkunegaran

Wow! Girlband K-Pop Secret Number bakal Manggung di Solo?

Bijak! Wendy Red Velvet Minta Fans Tak Beli Album Mereka Terlalu Banyak, Begini Alasannya

Elon Musk Ganti Logo Burung Twitter jadi X

Luncurkan Threads, Meta Siap Kalahkan Twitter

Elon Musk Siap Mundur dari CEO Twitter Jika Temukan Pengganti yang "Bodoh"

Elon Musk PHK Massal Karyawan Twitter

Elon Musk Batal Akusisi Twitter, Ada Apa?

Arawinda Kirana Trending Twitter, Dituding Pelakor

Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs Thailand Leg 1 Final Piala AFF 2020 Malam Ini

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Thailand Leg 1 Final Piala AFF 2020

Prediksi Indonesia Vs Thailand Leg 1 Final Piala AFF 2020

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Singapura Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020 Malam Ini

Prediksi Indonesia Vs Singapura Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020: Garuda Tetap Agresif

Boyolali Raih APE dari Kementerian PPPA

Berita Lainnya