Jumat , 23 Oktober 2020

Meski Kaya Raya Yunho TVXQ Pilih Hidup Sederhana, Ini Alasannya

17 Oktober 2020 02:04 WIB


Yunho TVXQ saat bersama anak di pusat pendidikan yang ia bangun di Ghana. (Dok. Yunho).

Solotrust.com - Yunho TVXQ menjadi salah satu idol K-Pop yang dikenal luas di Asia, yang telah berada di industri musik selama 17 tahun. Dalam salah satu episode program variety show "Dunia: Into a New World", Yunho pernah ditanya oleh idol K-Pop pendatang baru Kwon Hyunbin mengapa ia memilih hidup sederhana, dengan tidak membeli bangunan yang mahal meski memiliki banyak uang.

“Ada sesuatu yang ingin saya tanyakan pada Anda. Sejujurnya Anda menghasilkan banyak uang. Apa alasan Anda untuk hidup sederhana dibandingkan dengan kekayaan yang Anda peroleh?," tanya Hyunbin.



Yunho mengungkapkan bahwa meskipun menyenangkan jika membeli bangunan, namun ia memiliki mimpi. “Impian saya adalah menjadi kepala sekolah seni di masa depan," kata Yunho.

Yunho juga mengatakan bahwa melalui itu dia mungkin bisa membuat budaya Korea lebih kuat. Meski bukan di Korea, Yunho sudah mendirikan pusat pendidikan di Ghana.

Yunho juga kerap menyumbangkan beasiswa kepada almamaternya sejak debut. Kabar terkait hal tersebut baru diketahui setelah sekian lama. Ia diketahui membantu para siswa kurang mampu di SMA-nya dulu di GwangJu dan bahkan membantu tempat tinggal pada orang lanjut usia, gereja dan fasilitas publik lain di sana.

Yunho juga dikenal memiliki reputasi sebagai salah satu penyanyi yang paling bekerja keras di industri hiburan Korea Selatan.

Dalam sebuah episode MBC "I Live Alone," sebuah reality show yang mengikuti selebriti dalam kehidupan sehari-hari mereka, Yunho menunjukkan bahwa ia suka menonton video penampilannya sendiri di pagi hari dan berlatih koreografi segera setelah ia bangun. Semangatnya untuk terus berkaya dan sikap optimis dalam penampilannya di TV membuatnya mendapat julukan “the icon of passion.” 

"Saya benar-benar berterimakasih bahwa orang-orang melihat saya seperti itu," kata Yunho. "Suatu hari ketika saya sedang berjalan di jalan, seorang pengusaha seusia saya meminta berjabat tangan, memberi tahu saya bahwa dia menjadi termotivasi karena saya," ungkapnya.

Jalan Yunho sebagai penyanyi pun tidak selalu mulus. Pada saat menjalani pelatihan di Seoul untuk menjadi penyanyi, Yunho harus melakukan banyak pekerjaan sampingan, seperti menyingkirkan salju di pagi hari dan bekerja sebagai pelayan di malam hari. Ia juga pernah tidur di stasiun kereta karena tidak memiliki tempat tinggal. Yunho juga dikabarkan pernah mengalami ketidakseimbangan hormonal di tenggorokannya dan menjalani operasi, yang kemudian berefek pada suaranya.

Pada puncak popularitas TVXQ, ia dan Changmin pun harus kehilangan tiga anggota lainnya yakni Kim Jaejoong, Kim Junsu dan Park Yoochun pada 2010. Mereka bertiga memilih untuk memisahkan diri dari TVXQ dan membentuk JYJ setelah perselisihan dengan SM Entertainment.

Meskipun demikian TVXQ dengan dua anggota tetap melanjutkan karir menyanyinya dengan aktif merilis album maupun menggelar konser. Bahkan per 2018 TVXQ menjadi artis Korsel terlaris di Jepang sampai saat ini, dengan total penjualan sebanyak 9.685.916 unit dengan nilai $417M USD (sekitar Rp6,06 triliun). (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com