Rabu , 14 April 2021

Pegawai Wisata Air Positif Covid, Kades Ponggok Akan Evaluasi Prokes

2 November 2020 14:07 WIB


Petugas melakukan pembersihan di obyek wisata Umbul Ponggok.

KLATEN, solotrust.com- Wisata Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo dan Umbul Pelem di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah akhirnya ditutup sementara selama tiga hari, mulai Minggu (1/11/2020), setelah salah satu pegawai di wisata tersebut terkonfirmasi covid 19.  

Temuan positif covid tersebut setelah dilakukan tes swab secara random kepada pengunjung, pengelola, serta pedagang di sejumlah objek wisata di Klaten pada Jumat (30/10) lalu.



Di Umbul Ponggok ada sembilan orang yang mengikuti swab test. Hasil pengujian spesimen menunjukkan satu orang dinyatakan positif covid-19 yang merupakan Warga Ponggok, sementara delapan orang lainnya dinyatakan negative.

Sementara di Umbul Pelem ada sekitar 21 orang yang mengikuti swab test, hasil pengujian spesimen menunjukkan satu pengunjung dari Sukoharjo dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19, dengan 20 orang lainnya negative.

Kini para pegawai Umbul Ponggok melakukan sterilisasi lokasi umbul dan melakukan penyemprotan desinspektan.

Kades Ponggok Junaedi Mulyono mengatakan, Umbul Ponggok menjadi salah satu objek wisata yang digelar swab test secara random. Hasilnya dari sembilan orang yang mengikuti tes ada satu orang yang dinyatakan positif terkonfirmasi covid-19.

“Dari obyek wisata di Desa Ponggok ini sudah sesuai dengan protap covid 19 ya, dimana kita sudah menjalankan, mempersiapkan infrastruktur kaitannya dengan protap covid 19 dan ini yang kena karyawan freelance.” Jelasnya, Senin (11/2).

Kini pengelola masih menunggu koordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat desa, dan melakukan evaluasi terhadap penerapan protokol kesehatan di lokasi tersebut agar tidak muncul klaster wisata.

“Hari ini kita adakan sanitasi dan kita adakan evaluasi ulang kaitannya penerapan protap covid 19 di obyek wisata yang ada di Desa Ponggok ini supaya tidak ada muncul klaster di obyek wisata kami.” Terangnya.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com