Senin , 23 November 2020

Perpustakaan Online Sebagai Alternatif Tempat Baca Dimasa Pandemi

12 November 2020 11:54 WIB


Solotrust.com - Di masa pandemi seperti ini, hampir semua kegiatan belajar mengajar secara offline mengalami penundaan, baik itu SD, SMP, SMA, maupun Kampus. Tentunya, hal ini sangat mengganggu bagi mereka yang ingin serius belajar. Sebagai gantinya, Mendikbud memberlakukan yang namanya KBM online dimana untuk melakukan kegiatan ini menggunakan berbagai macam aplikasi baik itu zoom, whatsapp, skype, dan lain sebagainya.

Selain menghambat kegiatan belajar mengajar, pandemi covid19 juga menunda wisuda. Yang tadinya dilaksanakan secara offline sekarang online, yang tadinya dilaksanakan dengan suka cita karena bisa dihadiri keluarga dan kerabat, kini dilaksanakan sedikit berkurang suka cita.



Kegiatan belajar mengajar secara online dilakukan karena daripada siswa maupun mahasiswanya terlalu lama libur dan tentunya membuat mereka kurang asupan ilmu. Meski begitu, tenang, di masa pandemi seperti ini perpustakaan online merupakan kunci dari segala kunci dimana dengan adanya perpustkaan digital ini kalian tak perlu keluar rumah.

Jika dirasa kalian ingin memperdalam ilmu bisa langsung kunjungi perpustakaan online. Sebenarnya banyak sekali website yang menyediakannya, untuk Indonesia sendiri memiliki perpustakaan online yang bernama Perpustakaan Nasional Replublik Indonesia. Perpustakaan yang satu ini merupakan buatan Indonesia dan bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sendiri bisa diakses secara gratis dan komplit. Selain itu, dari Google sendiri juga menyediakan perpustakaan online yang bernama Google Scholar.

Perpustakaan miliki mesin pencarian terbesar di dunia ini dibentuk pada 2014 dan dikabarkan menjadi perpustakaan online terbaik dan terkomplit di dunia. Banyak dosen dan mahasiswa yang mengandalkan platform ini untuk mencari sebuah ide untuk memecahkan masalah.

Selain itu, ada juga Garuda atau Garba Rujukan Digital. Perpus ini merupakan bikinan Kemristek. Di dalam Garuda sendiri memiliki kurang lebih 1636 penerbit, 9509 jurnal, 153 konferensi dan yang terakhir 40 subyek.

Memiliki Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Garuda berarti Indonesia memiliki dua perpustakaan online terbaik di Dunia. Dengan dua perpustakaan ini kalian bisa mengeksplore dan mencari referensi untuk memecahkan masalah yang kalian alami.

Oh iya jangan lupakan Academia. Siapa sih yang tak kenal Academia ? Hampir semua mahasiswa maupun dosen mengenal website ini. Academi menyediakan beberapa referensi berbentuk paper dan berbagai file mulai dari word, power point, pdf, dan lain sebagainya.

Memang masa pandemi seperti ini menghambat kalian untuk step up atau berkembang tapi juga tidak bisa kalian jadikan alasan, karena dengan adanya perpustakaan online bisa menjadi alternatif tempat kalian membaca, bukan hanya di sekolah ataupun kampus.

Sebenarnya masih banyak lagi perpustakaan online lainnya, tapi disini saya menyebutkan website yang memang saya ketahui dan tentunya komplit serta gratis.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com